Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Tanaman yang bisa dilakukan stone grafting/sambung dini

 Admin Satu  Penulis   Karawang   15/03/2023  diubah:16/07/2023 at 11:15     Tutorial   

Tanaman yang bisa dilakukan stone grafting/sambung dini
Contoh bahan sambung dini mangga. Foto: agrinews.in

Stone graftin atau epycotil grafting atau sambung dini adalah teknik menyambung tanaman saat batang bawah/rootstock baru tumbuh dari biji. Usia tanaman ideal untuk melakukan sambung dini sekitar 10-15 hari setelah keluar tunas.

Dengan stone grafting, proses grafting atau menyambung tanaman bisa segera dilakukan tanpa menunggu batang bawah besar, jadi lebih cepat dan efisien dalam penyediaan bibit.

Tanaman dalam fase awal pertumbuhan masih mempunyai cadangan makanan dalam biji, sehingga terdapat banyak hormon pertumbuhan seperti auksin untuk merangsang pembentukan akar, giberelin untuk merangsang pertumbuhan jaringan batang, dan sitokinin untuk merangsang pembentukan daun.

Selain itu juga terdapat cadangan makanan dalam bijinya yang beguna untuk mendukung pertumbuhan awal tanaman sebelum bisa melakukan fotosintesis.

Stone grafting bisa menumbuhkan tunas batang atas sekitar 15-20hari. Ini tentu lebih menghemat waktu dan biaya. Angka keberhasilan stone grafting sekitar 60-80%.

Syarat tanaman bisa dilakukan sambung dini antara lain ketersediaan cadangan makanan dalam biji. Jadi tanaman yang mempunyai bij besar berpeluang dilakukan sambung dini. Dengan biji yang besar maka ketersediaan cadangan makanan lebih banyak dan batan bisa lebih besar sehingga bisa disambung dengan batang yang berasal dari pohon dewasa.

Berikut daftar tanaman yang bisa dilakukan sambung dini:

1. Mangga
Mangga sagat umum dilakukan sambung dini. Mempunyai biji yang besar sehingga bisa mempunyai tunas pertama bisa besar. Untuk dilakukan stone grafting, biji mangga dikelupas bagian kerasnya sehingga tersisa bijinya saja, lalu ditanam sehingga lebih cepat tumbuh.

Setelah 10 hari, bibit bisa disambung dengan batang atas dari pohon yang berkualitas.

Tips grafting bibit mangga



2. Durian

Durian juga mempunyai biji yang besar dan calon batang yang besar sehingga bisa disambung dengan entres dari pucuk durian dewasa.

3. Nangka
Nangka juga mempunyai biji yang relatif besar sehingga bibit bisa dilakukan sambung dini ketika masih berusia muda.

4. Alpukat
Alpukat juga mempunyai biji yang besar untuk menyimpan cadangan makanan. Alpukat bisa dilakukan sambung dini atau stone grafting sehingga lebih cepat mendapatkan banyak bibit.

5. Jambu mete
Jambu mete sudah lama dilakukan sambung dini, dan angka keberhasilannya tinggi. Sambung dini pada jambu mete bertujuan untuk mendapatkan bibit yang seragam dalam waktu cepat.

Demikianlah daftar tanaman yang bisa dilakukan sambung dini/stone grafting. Dengan stone grafting maka akan lebih menghemat biaya perawatan awal tanaman dan waktu yang lebih cepat, sehingga bisa menghasilkan bibit yang banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Selamat mencoba sambung dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Pengendalian hama terpadu dengan tanaman refugia
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Pengendalian hama terpadu dengan tanaman refugia


  15/05/2022   Tutorial 
Perbanyakan Tanaman Kemangi dengan stek
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Perbanyakan Tanaman Kemangi dengan stek


  7/03/2022   Tutorial 
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tips mencangkok tanaman agar berhasil


  11/09/2022   Tutorial 
Tips agar daun sirih gading cerah dan mengkilap
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tips agar daun sirih gading cerah dan mengkilap


  19/09/2022   Tutorial