Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Stek pucuk ubi kayu/singkong

 Admin Satu  Penulis   Karawang   2/10/2022  diubah:7/07/2023 at 11:06     Tutorial   

Stek pucuk ubi kayu/singkong
Stek pucuk ubi kayu/singkong. foto: taninews.com

Tanaman ubi kayu/ketela pohon/singkong (Manihot esculenta) merupakan tanaman yang mudah untuk diperbanyak dengan stek batang. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan stek batang dewasa (usia sekitar 8 bulan), dengan panjang 6 mata tunas. Ini adalah cara yang umum dalam menanam singkong dengan metode stek.

Perbanyakan tanaman singkong bisa juga dengan menggunakan batang dewasa tapi dengan stek pendek, 2-3 ruas. Dengan cara ini bibit singkong yang dihasilkan akan lebih banyak. Penggunaan dua ruas dan stek pucuk merupakan upaya perbanyakan tanaman singkong secara cepat atau cassava rapid propagation. Dengan cara ini satu pohon dewasa yang dengan cara konvensional misalnya hanya menghasilkan 10 bibit, dengan cara ini bisa menghasilkan 50 bibit.

Bagaimana kalau kita hanya punya sedikit bibit, atau bahkan hanya mempunyai batang singkong bagian pucuk saja? Ternyata singkong bisa diperbanyak dengan stek pucuk. Batang singkong bagian pucuk seperti kalau membeli daun singkong di warung, belum berkayu, bagian ini memang lebih mudah kering, tapi bisa juga dijadikan bahan stek.

Penggunaan stek pucuk singkong bisa dijadikan bahan untuk perbanyakan bibit ubi kayu, jadi semua bagian yang bisa digunakan untuk stek dipakai. Jadi, kalau mempunyai sisa membeli sayur daun singkong di warung, jangan dibuang, bagian pucuk ketela pohon bisa ditanam.

Cara ini belum direkomendasikan untuk singkong produksi. Bibit asal pucuk akan menghasilkan pembesaran batang di bagian pangkalnya, sehingga produksi umbinya kurang efektif.

Stek pucuk cocok untuk pohon singkong yang diambil daunnya atau pohon singkong yang akan digunakan sebagai bahan bibit.

Untuk diambil daunnya, batang singkong bisa mulai dipanen setelah daun agak banyak. Sementara untuk dijadikan sumber bibit, batang singkong sudah berusia 8 bulan dengan diameter kurang lebih 3cm. Dengan cara ini kita bisa menghasilkan sumber bibit singkong dari sumber batang pucuk.

Cara menanam singkong dengan stek pucuk

  1. Siapkan pucuk singkong, misalnya sisa dari warung, buang semua tangkai daunnya kecuali daun tunas pucuk
  2. Tanam dalam polybag yang diisi tanah yang lembab dan gembur, tapi jangan sampai tergenang agar batang tidak membusuk
  3. Taruh di tempat teduh, di bawah pohon, atau di dalam rumah jaring dengan insensitas cahaya matahari 20%-30%
  4. Tunggu 2 minggu biasanya sudah tumbuh akar
  5. Tunggu hingga daun tumbuh, 2 atau 3 helai
  6. Bibit singkong siap ditanam di sawah

Demikian tutorial cara menanam bibit singkong dengan stek pucuk. Manfaatkan setiap bagian tanaman ubi kayu yang bisa ditanam sebagai bibit, maka kita akan mendaptkan lebih banyak bibit. Ubi kayu menghasilkan umbi yang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi, daunnya bisa menjadi sumber vitamin sebagai sayuran.

Ingat, daun singkong mengandung sianida yang bisa menimbulkan keracunan kalau tidak diolah dulu. Untuk mengonsumsi daun singkong dengan lebih aman, lakukan perebusan dengan garam dan peras airnya. Kadar sianida akan turun dan aman dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Cara cepat memperbanyak tanaman Sirih Gading
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Cara cepat memperbanyak tanaman Sirih Gading


  8/03/2022   Tutorial  1
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Zat Pengatur Tumbuh Alami untuk perbanyakan tanaman


  12/09/2022   Tutorial  2
Tips Grafting adenium untuk pemula
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tips Grafting adenium untuk pemula


  22/10/2022   Tutorial  1
Mengenal Kelompok Hormon Sitokinin
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Mengenal Kelompok Hormon Sitokinin


  8/03/2022   Tutorial  2