Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Tips agar daun sirih gading cerah dan mengkilap

 Admin Satu  Penulis   Karawang   19/09/2022  diubah:16/06/2023 at 16:03     Tutorial   

Tips agar daun sirih gading cerah dan mengkilap
Tanaman sirih gading hijau daunnya berwarna cerah dan mengkilap. Foto: taninews.com

Sirih gading merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan, bisa ditanam dengan media tanah maupun air. menanam sirih gading dengan media tanah bisa menggunakan pot, sementara dengan media air bisa menggunakan botol, vas, atau dengan konsep hidroponik menggunakan pipa PVC.

Sirih gading bagus ditanam di serambi, teras, atau dalam ruangan dekat jendela. Sirih gading yang ditanam di teras atau dalam ruangan mempunyai fungsi sebagai penyerap debu, partikel kecil dan pensuplai oksigen.

Partikel kecil bisa berasal dari pelapukan cat tembok, eternit, peralatan elektronik, debu halus yang dibawa angin, dll. Dengan membantu menyerap partikel halus, maka udara dalam ruangan akan lebih bersih, sehingga lebih sehat.

Selain manfaat kesehatan, memanam sirih gading menjadikan rumah lebih hijau dan indah, Ini adalah manfaat keindahan. Dengan melihat tanaman yang hijau segar maka membuat pikiran menjadi rileks, hati lebih gembira.

Salah satu tips memelihara sirih gading yang bagus adalah menanamnya dengan media air. Sirih gading dengan media air, dengan perlakuan khusus, maka kebutuhan nutrisi sirih gading akan lebih tercukupi. Menanam sirih gading dengan media air juga menjaga akar sirih gading sehat sehingga batang dan daun bisa lebat.

Menanam sirih gading di media tanah juga bisa bagus asal selalu menjada kelembaban tanah dan porositas tanah. Tanah yang disiram terus-menerus lama-lama berkurang unsur haranya dan cenderung memadat. Lakukan penggantian tanah secara rutin tiap 4 bulan untuk menjaga agar akar bisa leluasa menyerap unsur hara. Tambahkan sekam bakar untuk membuat tanah berongga.

Untuk menanam sirih gading dengan media air bisa menggunakan nutrisi hidropnik AB mix dengan kosentrasi 75% dari dosis normal. Hal ini karena penyerapan oleh sirih gading lebih lama dibandingkan tanaman hidroponik seperti kangkung.

Kalau anda tidak mempunyai nutrisi hidroponik AB mix, bisa menggunakan campuran pupuk NPK majemuk dengan gandasil D. Dengan larutan ini juga sudah bisa membuatsirih gading subur dan berwarna cerah.

Untuk wadah penanaman bisa menggunakan pipa PVC, botol bekas air mineral, atau ember. Metode air statis tanpa aerasi (seperti rakit apung, Wick) sudah cukup untuk menanam sirih gading yang sehat dan subur. Kalau menggunakan pipa PVC bisa ditaruh paling bawah, kemudian tanaman dirambatkan keatas. Nutrisi tinggal diisiulang lewat pipa PVC. Kalau menggunakan botol bekas air mineral bisa disusun berjajar, sehingga tanaman sirih gading akan berjajar dan merambat ke atas.

Bisa juga ditanam dengan konsep aquaponik menggunakan air kolam ikan yang disirkulasi. Dengan konsep aquaponik, sirih gading berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan zat sampingan hasil metabolisme ikan sehingga air kolam lebih sehat, ikan lebih sehat. Sirih gading akan mendapatkan nutrisi dari sisa pakan ikan, ikan juga akan mendapatkan air yang lebih bersih dari zat-zat yang berlebihan dan tambahan oksigen dari sirih gading.

Sinar matahari
Sirih gading tidak mensyaratkan sinar matahari penuh, cukup terkena pantulan di teras atau sehari terkena 2 jam sudah cukup. Tapi sinar matahari tentu wajib ada, karena itu merupakan prasyarat untuk melakukan fotosintesis tanaman. Kekurangan sinar matahari menjadikan pertumbuhan sirih gading lambat dan daun hijau tua kusam, sama juga dengan kekurangan nutrisi.

Apabila terkena sinar manatahari penuh, maka batang dan daun sirih gading akan membesar. Ini mungkin tips bagi yang ingin membuat tanaman sirih gading daunnya menjadi besar, yaitu ditanam di tempat yang terkena sinar matahari penuh sehrari. Tentu saja dengan ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari yang lama, kegiatan fotosintesis berlangsung elbih intensif, jadi tanaman juga memerlukan nutrisi yang cukup.

Penempatan di teras yang mendapat pencahayaan sinar matahari pagi adalah yang paling bagus. Untuk yang ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari, usahakan seminggu beberapa kali ditaruh di luar agar terkena sinar matahari agar terjadi fotosintesis.

Agar daun sirih gading mengkilap dan cerah
Sirih gading akan mengeluarkan daun yang cerah, mengkilap kalau kebutuhan nutrisi terpenuhi dan pertumbuhan daun cepat. Syarat agar pertumbuhannya cepat dan bagus adalah pencahayaan dan nutrisi. Contoh sirih gading hijau yang kurang nutrisi sehingga lambat pertumbuhannya daunnya berwarna hijau tua dan kusam, sementara sirih gading yang pertumbuhannya cepat daunnya akan berwarna hijau lebih muda cerah, seperti berminyak, dan banyak bercak kucing yang keluar membuat lebih indah.

Nutrisi
Untuk menanam sirih gading dalam air memerlukan nutrisi baik makro maupun mikro. Yang paling mudah gunakan nutrisi hidroponik AB Mix dengan konsentrasi 75%. Bisa juga menggunakan nutrisi hiroponik racikan sendiri menggunakan pupuk NPK majemuk + gandasil D, atau nutrisi hidrponik buatan sendiri yang lebih lengkap dengan pupuk NPK majemuk (+unsur mikro), MgSo4 (garam ingrris), dan Kalsium Nitrat (calnit).

Bisa berubah warna
Tanaman sirih gading yang kurang pertumbuhannya akan berwarna hijau tua dan kusam, dengan nutrisi yang tepat, pencahayaan yang tepat akan menghasilkan sirih gading dengan daun yang cerah, motif putih dan kuning bermunculan, dan daunnya mengkilap.

Kesimpulannya, tanamanlah sirih gading di air dan gunakan larutan nutrisi hiroponik dengan konsentrasi 75% dari anjuran untuk kebutuhan unsur haranya. Cahaya matahari dibutuhkan untuk fotosintesis, untuk sirih gading cahaya matahari dari pantulan atau dua jam sehari sudah cukup. Ketersediaan nutrisi yang cukup dan cahaya yang memadai akan menghasilkan tanaman sirih gading yang pertumbuhannya cepat, daunnya cerah, dan mengkilap.

Selamat mencoba.

Tags

hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

 Admin Satu  Penulis   Karawang

Membuat larutan hidroponik lebih lengkap


  19/08/2022   Tutorial  1
Stek cabai: solusi perbanyakan cabai unggul
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Stek cabai: solusi perbanyakan cabai unggul


  20/05/2023   Tutorial 
Stek pucuk ubi kayu/singkong
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Stek pucuk ubi kayu/singkong


  2/10/2022   Tutorial