Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Cara cepat memperbanyak tanaman Sirih Gading

 Admin Satu  Penulis   Karawang   8/03/2022  diubah:8/08/2023 at 12:58     Tutorial 1   

Cara cepat memperbanyak tanaman Sirih Gading
Tanaman Sirih Gading. Taninews.com

Sirih gading adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam orang sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Tumbuhan ini cocok dipakai sebagai penghias ruangan, penyuplai oksigen, penyaring udara, atau penyerap residu di kolam.

Sirih Gading erupakan tanaman anggota suku talas-talasan (Araceae). Sirih gading mudah dikenal dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah, hijau, bercak putih, hingga kuning pucat, hijau muda. Tanaman sirih gading bisa merambat di batang pohon, tembok, tiang, atau menjulur ke bawah kalau tidak ada tempat untuk merambat.

Tanaman sirih gading mudah dibudidayakan, mudah tumbuh dengan sedikit sinar matahari. Sirih gading juga tahan dengan media yang basah, bahkan di air, sehingga banyak ditanam dalam filter kolam sebagai tumbuhan penyerap zat sisa makanan ikan di kolam.

Sirih gading yang ditanam di bagian filter/penyaring kolam akan subur karena menyerap sisa nutrisi yang dihasilkan dari sisa makanan ikan dan metabolisme ikan. Ini menjadikan sirih gading bisa menjadi filter biologis bagi kolam ikan.

Cara paling cepat memperbanyak sirih gading adalah dengan stek.

Stek yang paling efektif untuk sirih gading adalah dengan mengambil stek tiap ruas/dan menjadi 1 stek. Ini adalah cara stek sirih gading paling efektif dan produktif. Dengan stek satu ruas akan menghasilkan banyak anakan calon tumbuhan, satu ruas satu anakan.

Jadi, kalau kita mempunyai batang sirih gading dengan 8 ruas, daripada ditanam hanya menjadi satu batang, lebih baik dipotong menjadi 8 potongan, lalu ditanam, hasilnya menjadi 8 tanaman.

Cara memperbanyak bibit sirih gading yang paling cepat dan mudah adalah dengan stek media air. Cukup air biasa tidak perlu diberi pupuk, tanaman sudah mendapat cadangan energi dari daun dan batang.

Cara memperbanyak sirih gading dengan stek tunas

  • Potong sirih gading per tunas/daun
  • Masukkan ke dalam gelas bekas air mineral, isi dengan air. Jaga air tetap jernih dan tidak kering.
  • Ganti air seminggu sekali untuk menghindari busuk akar.
  • Tunggu kurang lebih satu bulan sampai sirih gading tumbuh akar dan tunas.
  • Kalau sudah tumbuh tunas, bisa dipindah ke pot tanah atau botol berisi air.
cara stek sirih gading

stek sirih gading. foto:taninews.com

Untuk menanam sirih gading bisa menggunakan media air (hidroponik) maupun media tanah (pot). Media hidroponik lebih unggul menghasilkan daun sirih gading yang lebih cerah karena ketersediaan nutrisi yang lengkap.

Media tanah dalam pot punya kelemahan kalau akar sudah banyak, tanah cenderung keras sehingga tanaman rawan kekurangan nutrisi. Untuk memperbaiki, bisa dilakukan penyemprotan pupuk daun dengan sprayer tangan yang disemprotkan pada daun sirih gading maupun akar yang menjulur, lakukan penyemprotan 2 kali seminggu. Selain sebagai cara untuk memasukkan nutrisi, penyemprotan juga akan membersihkan debu yang biasa menempel di daun sirih gading.

Demikianlah cara memperbanyak sirih gading dengan cepat dan mudah. Media air lebih banyak keberhasilannya karena lebih aman dari busuk daripada media akar. Ayo tanami rumah kita dengan banyak tanaman untuk menghijaukan dan menyegarkan udara. Tanaman sirih gading terbukti bisa tahan ditanam di area dengan pencahayaan tidak langsung, jadi bisa menjadi sumber suplai oksigen di dalam rumah.

Tags

sirih gading

One thought on “Cara cepat memperbanyak tanaman Sirih Gading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Membuat larutan hidroponik sendiri
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Membuat larutan hidroponik sendiri


  20/03/2022   Tutorial  1
Tanaman yang bisa dilakukan stone grafting/sambung dini
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tanaman yang bisa dilakukan stone grafting/sambung dini


  15/03/2023   Tutorial 
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif


  8/03/2022   Tutorial 
Mengenal Kelompok Hormon Sitokinin
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Mengenal Kelompok Hormon Sitokinin


  8/03/2022   Tutorial  2