Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Politisi Partai Nasdem Jalin Kolaborasi dengan BSIP Papua di Sektor Pertanian Perkotaan Hidroponik

 Muhammad Nur  Penyuluh Pertanian   Sentani,Jayapura,Papua   31/08/2023  diubah:21/09/2023 at 14:40     Pertanian OrganikTeknologi   

Politisi Partai Nasdem Jalin Kolaborasi dengan BSIP Papua di Sektor Pertanian Perkotaan Hidroponik
Bimtek Pertanian Perkotaan Hidroponik bersama Politikus DPR RI Komisi IV

Papua Selatan sebagai salah satu DOB (Daerah Otonimi Baru) dan Merauke sebagai jantung ibu kotanya. Merauke memiliki potensi pertanian yang cukup luas kurang lebih 1.28 juta Ha. Potensi ini menjadi lirikan mata dan semangat pemerintah mengembangkan pertanian di Merauke.

Anggota DPR RI Komisi IV DPR RI Dapil Papua dari Partai Nasdem Sulaiman L Hamzah menjalin kolaborasi bersama BSIP Papua, Kementerian Pertanian guna membangun pertanian di Papua Selatan dalam event Bimbingan Teknis Pertanian Perkotaan Hidroponik, Rabu (30/08/23) di Rumah Aspirasi Anggota DPR RI komisi IV.

Pada Bimtek ini tampak hadir, Kepala BSIP Papua Dr. Ir. Martina Sri Lestari, M.P.; H. Sulaiman L. mzah (anggota DPR RI) Dapil Papua; anggota DPRD Propinsi Papua dan Direktur Rumah Asspirasi Sulaiman Hamzah, Fauzun Nihayah; anggota DPRD Partai Nasden Kabupaten Merauke Sugianto; Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Merauke Agustinus Yoga, SP, M.Si; dan kelompok wanita tani, majelis taklim serta persatuan wanita gereja yang berjumlah 100 orang.

Adapun Materi dan narasumber dari Bimtek yaitu Galih Priyo Dominanto,S.Pt,M.Si (hidroponik), Fransiskus Palobo, S.Sos,SP,M.Si (Pupuk Organik Cair).

Dalam bimtek ini, selain pemberian materi juga diberikan praktek cara pembuatan Sistem budidaya Hidroponik dan Cara Pembuatan Pupuk Cair dengan Bonggol Pisang.

Tonton Juga : Bimbingan Teknis Pertanian Perkotaan Hidroponik Kerjasama Anggota DPR RI di Sektor Pertanian Perkotaan Hidroponik. https://youtu.be/h3nZq11eSaI?feature=shared

Bimbingan Teknis dibuka secara resmi oleh Anggota Komisi IV DPR RI H.Sulaiman L. Hamzah didampingi oleh Kepala BPSIP Papua Martina Sri Lestari dengan memakaikan baju peserta bimtek secara simbolis kepada peserta bimtek.

Menurut Sulaiman dalam sambutannya kami bersinergi membangun, kompak membangun Papua Selatan di segala bidang khusus dalam bentuk bimbingan teknis pertanian hidroponik kerjasama dengan kementerian pertanian yakni BSIP Papu.

Sementara itu, anggota DPRD Propinsi Papua Fauzun Hinayah menyatakan ada ratusan program yang akan dilakukan.

“Untuk bulan ini ada 60 bimtek dan sekitar 40 harus segera kami selesaikan dan bimbing baik alsintan, teknis budidaya tanaman pangan dan hortikultura, juga perikanan,kelautan dan perkebunan.” jelas Hinayah.

Sulaiman berharap masyarakat bisa memahami dan berubah. Sebagai wakil masyarakat dirinya bertekad akan maju membangun Papua Selatan di Empat Kabupaten Kota Papua Selatan.

“Selain itu di daerah pinggiran menjadi salah satu sasaran dan kita perlu bina dan tidak boleh minder dan saya harap yang hadir dapat menjadi virus untuk ibu ibu lainnya di sekitar wilayah masing masing tentang hidroponik,”ungkap Hinayah”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Muhammad Nur
 Penyuluh Pertanian   Sentani,Jayapura,Papua

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Muhammad Nur