Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Membuat zat perangsang tumbuh alami yang lengkap

 Admin Satu  Penulis   Karawang   17/10/2022  diubah:3/08/2023 at 23:44     Tutorial 3   

Zat Pengatur Tumbuh/ZPT adalah zat yang berfungsi mengatur pertumbuhan baik merangsang atau menghalangi pertumbuhan tertentu. ZPT dalam tutorial ini adalah zat perangsang tumbuh yang biasa digunakan untuk membantu menumbuhkan akar dan tunas dalam perbanyakan tanaman secara stek.

ZPT digunakan dalam konsentrasi yang kecil, tapi bisa membantu merangsang pertumbuhan tanaman. ZPT ada secara alami dalam bagian tumbuhan baik akar, batang, maupun daun. ZPT yang sering digunakan dalam merangsang pertumbuhan ada 3: Auksin, Sitokinin, dan Giberelin.

ZPT digunakan dalam perbanyakan tanaman, terutama stek. Secara alami dalam batang tanaman yang distek terdapat hormon bawaan, tapi sering jumlah tidak memadai untuk menumbuhkan akar atau tunas, maka diperlukan ZPT dari luar. Ada tanaman yang mudah distek tanpa bantuan ZPT, ada tanaman yang membutuhkan ZPT untuk distek.

Bagaimana membuat zat perangsang tumbuh alami untuk merangsang akar dan tunas dalam perbanyakan tumbuhan secera vegetatif stek?

Perbanyakan dengan stek mensyaratkan cepat tumbuh akar dan tunas sebelum batang mengering. ZPT untuk stek harus mempunyai kandungan Hormon Auksin untuk merangsang pertumbuhan akar, Sitokinin untuk merangsang pertumbuhan tunas, dan giberelin yang salah satu fungsinya untuk mensinergikan kedua hormon agar tidak saling melemahkan.

Bahan-bahan lami yang sering digunakan sebagai perangsang tumbuh antara lain: ekstrak bawang merah, ekstrak lidah buaya, air kelapa muda, bonggol pisang, ekstrak taoge kacang hijau, dll. Dalam tutorial ini hanya akan menggunakan 2 bahan: air kelapa mudah dan ekstrak bawang merah. Kedua bahan ini sudah mengandung ZPT lengkap yang diperlukan dalam perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Hasil analisis kandungan kimia air kelapa menunjukkan komposisi ZPT kinetin (sitokinin dalam air kelapa muda adalah 273,62 mg L -1 dan zeatin 290,47 mg L -1 , sedangkan kandungan auksin adalah 198,55 mg L -1 (Seswita, 2010).

Sementara ekstrak bawang merah sudah sangat populer di kalangan penghobi dan pembuat bibit tanaman sebagai ZPT alami. Bawang merah dominan kandungan hormon auksin yang berfungsi merangsang pembentukan akar.

Dalam bawang merah terkandung thiamin 30mg, riboflavin 0,04 mg, dan niasin 20mg (Rahayu dan Berlian,1999 dalam Siskawati, 2013). Thiamin dan riboflavin pada bawang merah merupakan auksin alami dan sebagai bahan baku sintesis IAA (Soeprapto, 1992 dalam Wibawa,2010).

Cara membuat zat perangsang tumbuh alami
Alat dan Bahan

  1. Air kelapa muda 1 liter
  2. Ekstrak Bawang merah 1kg/ sesuai kebutuhan
  3. EM4/Mol sebagai pengurai
  4. Blender, wadah/botol bekas

Catatan:
Kita juga bisa memakai air kelapa dicampur air sebagai ZPT tanpa difermentasi. Cukup campur air kelapa muda dengan air tawar dengan kosentrasi 25%, langsung bisa digunakan. Tapi untuk ZPT yang bisa disimpan lama sebaiknya difermentasi dulu agar zat-zat organiknya terurai.

Langkah-langkah membuat ZPT alami

  1. Blender bawang merah
  2. Siapkan dua wadah/botol
  3. Masukkan air kelapa muda ke dalam botol 1, tambahkan 1 sendok makan EM4, fermentasi selama 14hari
  4. Masukkan bawang merah yang sudah dihaluskan ke dalam botol 2, tambahkan 1 sendok makan EM4, 1 sdm gula pasir, fermentasi selama 14hari
  5. Setelah 14hari, saring bawang merah hingga terpisah air dengan ampasnya

Catatan:
Kita juga bisa memakai ekstrak bawang merah air sebagai ZPT, tanpa difermentasi. Tapi untuk ZPT yang bisa disimpan lama sebaiknya di fermentasi dulu agar zat-zat organiknya terurai.

Kita sudah memunyai 2 ZPT, ZPT air kelapa muda yang dominan hormon Sitokinin, dan ZPT bawang merah yang dominan hormon auksin. Kedua ZPT ini bisa dipakai sendiri-sendiri atau digunakan bersama-sama.

Penggunaan
Yang perlu diingat, ZPT adalah hormon yang diperlukan dalam jumlah yang sedikit, kalau terlalu banyak justru bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, bahkan kematian tanaman.

Untuk penggunaan sendiri-sendiri:

  • ZPT air kelapa muda, konsentrasi yang diperlukan adalah 25%, atau 250ml + 750ml air
  • ZPT bawang merah konsentrasi yang diperlukan adalah 1.5%, atau 15ml + 985ml air.
    Untuk mengambil 15ml, gunakan pipet

Untuk penggunaan bersama

  • ZPT air kelapa muda 250ml
  • ZPT ekstrak bawang merah 15ml
  • Air 735ml (atau isi sampai 1 liter)

Gunakan untuk merendam stek selama 3-5jam. ZPT air kelapa mudah akan merangsang pertumbuhan tunas dan akar, ZPT bawang merah akan merangsang pertumbuhan akar.

ZPT alami ini hanya menggunakan dua bahan tapi terbukti efektif merangsang pertumbuhan akar dan tunas karena sudah mengandung hormon auksin, hormon sitokinin, dan hormon giberelin.

Selamat mencoba.


3 thoughts on “Membuat zat perangsang tumbuh alami yang lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

 Admin Satu  Penulis   Karawang

Membuat Zat Perangsang Tumbuh ZPT Lengkap


  8/03/2022   Tutorial 
Cara membuat ZPT dari Bawang merah
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Cara membuat ZPT dari Bawang merah


  16/03/2022   Tutorial 
Budi Daya Padi Jajar Legowo Super
 Muhammad Nur  Penyuluh Pertanian   Sentani,Jayapura,Papua

Budi Daya Padi Jajar Legowo Super


  16/08/2023   Teknologi,Tips dan Trik