Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Stek batang jambu air dengan perangsang lidah buaya

 Admin Satu  Penulis   Karawang   13/09/2022  diubah:12/07/2023 at 13:25     Tutorial 1   

Stek batang jambu air dengan perangsang lidah buaya
Stek pucuk jambu air dengan perangsang lidah buaya. foto: taninews.com

Stek adalah perkembangbiakan tanaman secara vegetatif dengan cara memotong bagian tanaman kemudian menumbuhkannya. Bagian tanaman yang bisa dijadikan stek antara lain batang, akar, daun, dan umbi. Untuk tanaman jambu air kita bisa menggunakan batang bagian pangkal, tengah, atau pucuk sebagai bahan stek.

Jambu air termasuk tanaman yang mudah distek dengan angka keberhasilan tinggi, sampai 80%. Bahan stek bisa diambil dari sisa pemangkasan jambu air, bagian pangkal batang, tengah, atau pucuk. Cara stek seperti ini bisa dipakai untuk semua jenis jambu air, seperti jambu air Citra, jambu air Madu Deli Hijau, Merah Delima, Black Diamond, King Rose, Dalhari, Delima, Super Green, Mutiara Hitam, dll. Silakan pilih bibit jambu air unggul yang disukai.

Stek pangkal atau tengah batang lebih tahan terhadap resiko kering, punya cadangan akanan yang lebih banyak, tapi agak terlambat dalam pertumbuhan tunas. Sementara kelebihan stek bagian pucuk adalah ketersediaan hormon auksin pada pucuk daun yang akan merangsang akar keluar lebih cepat, juga jaringan tumbuh di pucuk batang lebih cepat tumbuh. Stek pucuk juga hemat bahan baku karena hanya menggunakan 4 ruas/daun. Tapi kalau melakukan pemangkasan biasanya ada pangkal batang, tengah, dan pucuk, semua bisa dipakai.

Kelemahan stek pucuk adalah ketahanan bahan lebih lemah daripada stek batang tengah atau pangkal. Ini bisa disiasati dengan pemberian sungkup dan zat perangsang tumbuh (ZPT) baik yang alami maupun buatan pabrik untuk mempercepat pertumbuhan akar.

ZPT alami yang sering digunakan untuk membantu mempercepat akar dan tunas pada stek adalah yang mengandung hormon auksin, sitokinin, giberelin, dan vitamin B1.

Secara umum, stek itu cara perkembangbiakan vegetatif yang paling susah dibandingkan okulasi, enten, apalagi cangkok, karena bagian tanaman dipisahkan dari induknya dan dipaksa untuk tumbuh. Untuk tumbuh, tanaman memerlukan energi dan hormon pertumbuhan, pada perbanyakan dengan stek bahan-bahan ini terbatas, sehingga untuk beberapa tanaman perlu bantuan zat dari luar.

Pada tutorial kali ini kita akan belajar menanam jambu air secara stek pucuk menggunakan ZPT alami dari tanaman lidah buaya. Lidah buaya mengandung ZPT alami yang berguna merangsang pertumbuhan akar. Lidah Buaya (Aloe vera) memiliki berbagai kandungan nutrisi diantaranya enzim, mineral, gula, asam lemak, dan hormon seperti auksin dan giberelin (Primasari, 2019).

Aplikasi ZPT lidah buaya biasanya dihaluskan dulu kemudian dicapur air dengan konsentrasi tertentu kemudian bibit stek di rendam dalam waktu tertentu. Namun dalam percobaan kali ini, stek hanya ditancapkan dalam batang lidah buaya selama 6 jam agar kandungan ZPT terserap ke dalam batang stek jambu air.

Berikut cara stek jambu air dengan ZPT lidah buaya

  1. Siapkan pisau yang tajam dan bersih. Potong jambu air dari indukan yang sehat, sudah berbuah, pilih yang masih berwarna hijau, ambil 4 ruas/daun
  2. dalam memotong, bagian bawah adalah dekat dengan ruas, ini tempat tumbuh akar
  3. kurangi jumlah daunnya, atau potong setengahnya
  4. tancapkan dalam potongan lidah buaya, masukkan dalam plastik besar, ikat dan diamkan selama 6 jam
  5. siapkan media yang porous (lolos air) dalam gelas plastik atau polybag. Campuran untuk media porous bisa menggunakam tanah + arang sekam dengan perbandingan 1:1
  6. setelah 6 jam, keluarkan stek jambu air dari plastik, cabut dari batang lidah buaya, dan tanam dalam gelas yang dilubangi bagian bawahnya atau polybag, lalu siram secukupnya
  7. sungkup gelas berisi stek jambu air dengan plastik lalu simpan di tempat yang teduh. Intensitas sinar matahari sekitar 20%
  8. Biar lebih efisien, letakkan gelas berisi stek dalam bak yang bisa diisi air, kalau kekeringan lakukan penyiraman dengan cara menggenangi bak dengan air sehingga air meresap lewat bawah gelas ke media stek
  9. Tunggu sekitar 1.5-2 bulan, kalau berhasil maka akan tumbuh tunas dan akar

Kalau berhasil maka akan tumbuh tunas dan akar, sungkup bisa dilepas, tanaman diadaptasi dengan ditempatkan area yang terkena sinar matahari pagi. Setelah daunnya 4-5 helai, bibit bisa dipindah ke dalam pot atau ditanam di tanah.

Hasil stek ada yang mati ada yang hidup? Itu wajar, yang penting lebih banyak yang hidup. Semakin terampil akan semakin banyak yang hidup.

Dengan stek batang maka sisa pemangkasan pohon jambu air tidak terbuang percuma, tapi bisa dijadikan bibit dan bisa dijual kepada yang membutuhkan. Stek termasuk perbanyakan vegetatif yang murah dan efisien, tinggal potong, tanam. Kesulitan dalam perbanyakan dengan stek bisa dikurangi dengan pemberian ZPT alami maupun buatan pabrik untuk mempercepat pertumbuhan akar dan tunas. Resiko kekeringan/layu sebelum stek tumbuh akar dan tunas bisa disiasati dengan pemberian sungkup plastik.

Selamat mencoba.


One thought on “Stek batang jambu air dengan perangsang lidah buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

 Admin Satu  Penulis   Karawang

Membasmi hama kutu putih – kutu kebul pada tanaman


  8/03/2022   Tutorial 
Mengenal Kelompok Hormon Sitokinin
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Mengenal Kelompok Hormon Sitokinin


  8/03/2022   Tutorial  2