Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Mengenal Talas Unggul Indonesia: Talas Pratama

 Admin Satu  Penulis   Karawang   20/03/2022  diubah:18/05/2023 at 11:37     Direktori 11   

Mengenal Talas Unggul Indonesia: Talas Pratama
Talas Pratama Garut. Foto: liputan6.com/Jayadi Supriadin

Talas (Colocasia Esculenta (L) Schoot) merupakan sumber karbohidat alternatif pengganti nasi. Mengkonsumsi talas lebih baik bagi penderita diabetes karena indeks glikemik talas lebih rendah dibanding beras, kentang, dan glukosa. Menurut Pakar Gizi dari IPB, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, indeks glikemik talas termasuk rendah yaitu dibawah 55.

Indeks glikemik (IG) suatu makanan diukur dengan skala 1–100. Semakin tinggi angka indeks glikemiknya, semakin cepat pula makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah. (alodokter.com). Sebagai perbandingan, indeks glikemik nasi putih sekitar 80-an. Jadi, dilihat dari indeks glikemik, mengkonsumsi talas lebih aman daripada mengkonsumsi nasi bagi penderita diabetes tipe 2.

Baca: 9 jenis talas di Indoensia

Indonesia mempunyai banyak talas unggulan, baik yang alami maupun hasil pemuliaan tanaman, salah satunya adalah Talas Pratama. Talas Pratama ada dua, Pratama I dan Pratama II. Talas Pratama berpotensi menjadi sumber makanan masa depan karena menghasilkan umbi yang besar.

Dikutip dari BPTP Jawa Barat, berikut karakteristik Talas Pratama.

Karakteristik Talas Pratama 1:

  • Pelepah daun berwarna Hijau-Kuning Tua (RHS 144-B)
  • Cepat berbunga
  • Bentuk umbi memanjang
  • Tekstur daging umbi lebih lunak (kurang padat), pulen
  • Serat daging umbi lebih banyak
  • Lebih cocok bila diolah sebagai keripik (lebih renyah)

Karakteristik Talas Pratama 2:

  • Pelepah daun berwarna Ungu-Merah Keabuan (RHS N77-C)
  • Tanaman lambat/jarang berbunga
  • Bentuk umbi bulat
  • Tekstur daging umbi lebih padat, pulen
  • Serat daging umbi sedikit
  • Lebih cocok bila dimasak dengan cara dikukus

Sejarahnya, nama Pratama diambil dari nama 3 orang peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Talas Pratama merupakan hasil riset dari proyek TARONET, yang kemudian diberi nama PRATAMA, singkatan dari nama penemunya yaitu PRAna (Made Sri Prana), Tatang Kuswara Bsc., dan MAria Imelda MSc.

Saat ini Talas Pratama sudah dikembangkan di beberapa daerah di Jawa Barat antara lain di Garut, Sumedang, Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Bogor. Talas pratama bisa hidup dengan baik di lahan dengan ketinggian 0 – 1.200 M dpl, curah hujan 600 – 3.000 ml/ tahun, tanah Latosol, dan pH tanah 4,5—6,0. relatif asam.

Keunggulan talas pratama antara lain adalah umbinya yang besar, bisa mencapai 8kg/umbi, tidak gatal. Di usia 4-5 bulan talas Pratama bisa menghasilkan umbi mencapai bobot 4 kilogram. Dalam satu ujicoba, ada talas yang mencapai bobot 7,6 kilogram dalam umur 7 bulan. Sementara talas jenis lain di umur yang sama hanya mencapai bobot 3 kilogram. Selain itu, talas pratama lebih tahan penyakit dibanding talas semir dari Sumedang.

Budidaya talas pratama sangat menguntungkan, seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan sebagai produk turunan. Dari daun, batang, kulit umbi, sampai umbi talas. Umbi Talas bisa diolah menjadi kripik talas, bolu talas, muffin talas, talas goreng, tepung talas, brownies talas, maupun cukup direbus. Talas pratama berpotensi sebagai pengganti nasi dengan dijadikan beras analog dari talas pratama. Dengan dijadikan beras talas pratama bisa disimpan lebih lama. Sementara daunnya untuk sayur buntil. Selain untuk konsumsi lokal, Talas Pratama sangat berpeluang untuk diekspor.

Untuk harga umbi talas pratama di pasaran mencapai Rp10000-15000 per kg, kalau satu pohon bisa 8kg berarti menghasilkan 80-120ribu.

Saat ini batang, daun, dan umbi talas sudah menjadi komoditas ekspor. Daun talas digunakan untuk pengganti tembakau dengan harga per kg 2 Dolar AS. Negara tujuan ekspor produk talas adalah Taiwan, Thailand, China, Jepang, Hongkong, dan Australia.

Talas Pratama menghasilkan umbi yang besar, ini merupakan tanaman yang sangat direkomendasikan untuk ditanam sebagai komoditi ekspor. Bagi para petani yang ingin menanam komoditas baru, talas pratama bisa menjadi pertimbangan. Ayo menanam talas Pratama, talas unggul dengan hasil besar. Bisa untuk memenuhi konsumi masyarakat atau untuk ekspor.

Tags

talas

11 thoughts on “Mengenal Talas Unggul Indonesia: Talas Pratama

  1. endang irawan says:

    say jg baru menanam talas pratama usia 3bln seluas 1hektar sekitar 10rb pohon dan masih perluasan lahan untuk anakkan lokasi cimggu bogor dekat ipb

  2. Admin Satu says:

    Senang sekali mendapat kunjungan petani Talas Pratama, selakan dibagi pengalamannya pak mengenai budidaya talas pratama.

  3. Pratama says:

    Konten nya hasil copy paste ya pak?

    1. Admin Satu says:

      Iya bu, sebagian isi kami ambil dari berbagai sumber. Kadang kami lupa menampilkan sumbernya. Ada isi yang ibu keberatan?

  4. Kenapa tidak dibuat beras analog dari TALAS PRATAMA?

    1. Admin Satu says:

      Bagus itu pak, solusi alternatif pengganti beras. Seperti nasi jagung, nasi tiwul, nasi porang, dan nasi talas pratama.

  5. Irwan Hendra G. says:

    Saya punya talas pratama yg siap panen 500 pohon, bobotnya 3-4 Kg. Ingin membuat olahan terutama tepung. Apakah bisa bekerjasama ?
    Selama ini dibuat kripik/krispi, dikukus dimakan. Belum menjualnya; boleh juga kalau ada pasarnya.
    Tks
    Salam penggiat Portal Tangerang

    1. Admin Satu says:

      Salam pak.

      Coba di publish di bagian promosi pak, biar bisa ketemu partner usaha atau yang tertarik dengan talas pratama. Bapak bisa daftar dulu, nanti bisa publish sendiri. Atau kalau bapak mengijinkan, kami bisa buatkan akun dan mempostingnya untuk bapak.

  6. Eko Supriyanto says:

    Bulan 9 saya sudah menanam talas 50.000 dan akan perluasan lahan sebanyak 10 hektar lg dibulan desember,kemungkinan panen bulan 3,barang kali ada yg mau kerjasama silahkan hubungi 085866662707

    1. Admin Satu says:

      Monggo yang mau bekerjasama Talas Pratama bisa menghubungi pak Eko Supriyanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Produksi daging kambing nasional tahun 2022
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Produksi daging kambing nasional tahun 2022


  10/08/2023   Data 
Produksi telur itik manila (entok) tahun 2022
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Produksi telur itik manila (entok) tahun 2022


  10/08/2023   Data 
10 Varietas Unggul Kacang Hijau
 Admin Satu  Penulis   Karawang

10 Varietas Unggul Kacang Hijau


  7/10/2022   Direktori 
10 Varietas Ubi Kayu unggul di Indonesia
 Admin Satu  Penulis   Karawang

10 Varietas Ubi Kayu unggul di Indonesia


  17/05/2022   Direktori