Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Bunga Telang, bunga indah kaya antioksidan

 Admin Satu  Penulis   Karawang   16/03/2022  diubah:2/03/2023 at 14:02     Direktori 1   

Bunga Telang, bunga indah kaya antioksidan
Bunga telang. Foto: taninews.com

Selain sebagai tanaman hias, bunga Telang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan mata, jantung, sampai menurunkan berat badan. Bunga biasa dipakai sebagai penghias taman, pembuat minuman, dan pewarna makanan alami. Tumbuhan ini hidup merambat dengan kecepatan tinggi sehingga sering mengalahkan tumbuhan yang dirambati. Di Indonesia dikenal sebagai Kembang Telang, di Malaysia disebut Bunga Telang, Philipina disebut Pukingan, dan di Inggris disebut Butterfly pea.

Bunga Telang termasuk suku polong-polongan, buahnya berwarna hijau mirip buncis dan menjadi coklat kalau sudah tua dan kering. Buahnya akan pecah kalau sudah kering dan bijinya tersebar di sekitarnya kemudian tumbuh kalau terkena hujan. Ini yang menyebabkan daya sebarnya besar.

Menurut Suebkhampet dan Sotthibandhu 2011 dalam Hartono dkk., 2013, warna biru dari bunga telang disebabkan karena adanya pigmen antosianin. Penggunaan ekstrak bunga telang tidak akan mempengaruhi aroma dan cita rasa makanan karena ekstrak bunga telang hanya mengandung zat warna antosianin apabila bunga sudah di ekstrak terlebih dahulu (Andarwulan, 2013 dalam Hartono dkk., 2013).

Selain itu Bunga telang juga mengandung tanin, flobatanin, karbohidrat, saponin, triterpenoid, fenol flavonoid, flavanol glikosida, protein, alkaloid, antrakuinon, antisianin, stigmasit 4-ena-3,6 dion, minyak volatil dan steroid. Komposisi asam lemak meliputi asam palmitat, stearat, oleat linoleat dan linolenat. Biji bunga telang juga mengandung asam sinamat, finotin dan beta sitosterol (Hussain, 1998). (sumber: mercubuana-yogya.ac.id)

Klasifikasi Bunga Telang

Kingdom Plantae
Sub Kingdom Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisi Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
Kelas Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub kelas Rosidae
Ordo Fabales
Famili Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus Clitoria
Spesies Clitoria ternatea

Cara mengkonsumsi Bunga Telang

1. Diseduh seperti teh
Cara paling mudah mengkonsumsi Bunga Telang adalah dengan menyeduh seperti teh, diseduh sendiri atau sebagai campuran teh. Seduhan Bunga Telang akan menghasilkan larutan berwarna biru/ungu.

2. Sebagai pewarna alami
Bunga Telang bisa ditumbuk kemudian diambil airnya, bisa dipakai untuk pewarna makanan seperti kue.

3. Sebagai pewarna nasi
Nasi dengan campuran Bunga Telang berwarna biru. caranya bisa dengan mencampurkan langsung bunga telang ketika menanak nasi atau dengan mengambil ekstrak air bunga elang kemudian ditambahkan waktu menanak nasi.

baca: Membuat nasi biru bunga telang

Apa khasiat Bunga Telang untuk kesehatan?

Berikut 6 khasiat bunga telang untuk kesehatan

1. Kesehatan mata
Kandungan proanthocyanidin membuat khasiat bunga telang dapat membantu menurunkan kemerahan dan pembengkakan yang dialami pada infeksi mata.

2. Memperlancar pencernaan
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bunga telang dapat memperlancar sistem pencernaan. Minum secangkir teh bunga telang sekali atau dua kali seminggu dengan perut kosong dapat membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam sistem pencernaan.

3. Membantu menurunkan berat badan
Teh dari seduhan daun telang bebas dari kafein serta tidak mengandung karbohidrat, lemak, dan kolesterol. Oleh karena itu seduhan bunga telang adalah minuman yang ideal bagi mereka yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Selain itu, manfaat bunga telang juga bisa membersihkan usus dari sisa makanan dan kotoran, serta mengatur nafsu makan.

4. Meningkatkan kesehatan kulit
Kandungan Flavonoid dalam bunga telang membantu merangsang produksi kolagen, membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit.

5. Meningkatkan kesehatan jantung
Bunga telang mengandung senyawa bioflavonoid yang memperkuat dan memasok antioksidan untuk melindungi dan memperbaiki kesehatan jantung. Selain itu, manfaat bunga telang juga dapat membantu menurunkan volume kolesterol dan kadar lipid/lemak yang sangat tinggi dalam aliran darah lantaran kandungan antihiperlipidemia-nya.

6. Menurunkan tekanan darah
Manfaat bunga telang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga bagi penderita darah tinggi disarankan untuk rutin mengonsumsi seduhan bunga telang.

Ternyata bunga telang banyak manfaatnya untuk kesehatan kita kalau dikonsumsi rutin. Ini sangat penting dikonsumsi terutama yang tinggal di perkotaan, dengan beban kerja dan stres yang tinggi, polusi udara yang tinggi, kandungan antioksidan membantu mengurangi kadar radikal bebas dalam darah.

Bunga telang mudah ditanam, mudah digunakan.


One thought on “Bunga Telang, bunga indah kaya antioksidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Mengenal daun kenikir, sayuran sedap kaya manfaat
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Mengenal daun kenikir, sayuran sedap kaya manfaat


  28/03/2022   Direktori 
Produksi Pepaya Nasional tahun 2020
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Produksi Pepaya Nasional tahun 2020


  24/03/2022   Data