Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Asal usul pepaya California

 Admin Satu  Penulis   Karawang   19/03/2022  diubah:3/08/2023 at 22:44     Direktori 1   

Asal usul pepaya California
pepaya California atau Kalina di sebuah sawah di Desa Pasaranom, kec Grabag, Purworejo, Jawa Tengah. Di sini banyak petani menanam pepaya California. Foto: taninews.com

Pepaya California merupakan pepaya yang banyak ditanam oleh para petani di Indonesia. Rasanya yang manis, harganya yang menjanjikan menjadi penarik para petani menanamnya. Sahabat taninews di seluruh Indonesia, semoga selalu sehat, bahagia, dan panen melimpah. Pada tulisan kali ini kami akan membahas mengenai tanaman Pepaya California. Dari namanya, banyak dari kita akan langsung berkesimpulan bahwa pepaya ini berasal dari California, AS. Benarkah? Ternyata tidak, pepaya ini asli Indonesia.

Pepaya california atau yang bernama asli pepaya callina ini merupakan buah pepaya hasil rekayasa genetik dari Pusat Kajian Buah Tropika Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS, dengan kode riset IPB-9. (Dari sumber okezone.com, beliau sudah meninggal dunia pada 6 September tahun 2011).

Sejak tahun 2001, Prof Sriani dan para ilmuwan IPB sudah melakukan penelitian dan pengumpulan buah pepaya unggul di berbagai daerah di Indonesia. Dari penelitian ini ditemukan beberapa varitas unggul pepaya Indonesia, antara lain pepaya arum, pepaya prima, pepaya carisya, pepaya sukma, dan pepaya callina.

Ceritanya, bibit aslinya berasal dari kebun warga di Bogor bernama Pak Okim. Dengan bibit dari kebun Pak Okim, Prof. Sriani melakukan riset dan uji coba selama tujuh tahun untuk merekayasa pepaya ini menjadi bibit unggul dan diberi nama pepaya callina.

Dari data BPS menunjukkan, Provinsi Jawa Timur menjadi penghasil pepaya terbesar di Indonesia. Daerah penghasil pepaya di Jawa Timur antara lain adalah Malang, Banyuwangi, Lumajang, Jember, dan Jombang.

Penemuan varietas baru pepaya callina diresmikan pada 3 Oktober 2010 oleh Menteri Pertanian RI, Dr. Suswono. Pepaya ini banyak ditanam didaerah kering seperti bagian selatan kabupaten Purworejo, kabupaten Lebak.

Mengapa namanya berubah menjadi pepaya california? Mungkin itu kreatifitas pedagang. Biar kelihatan buah impor, maka diganti namanya menjadi pepaya california. dan sampai sekarang banyak orang mengira pepaya california itu hasil impor dari California, AS.


One thought on “Asal usul pepaya California

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Produksi Jeruk Keprok Indonesia tahun 2021
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Produksi Jeruk Keprok Indonesia tahun 2021


  5/10/2022   Data 
Produksi Jambu Air Indonesia tahun 2020
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Produksi Jambu Air Indonesia tahun 2020


  27/09/2022   Data  1
Produksi cabai rawit nasional tahun 2022
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Produksi cabai rawit nasional tahun 2022


  6/11/2023   Data 
Jawa Timur produsen Alpukat terbesar di Indonesia
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Jawa Timur produsen Alpukat terbesar di Indonesia


  21/03/2022   Data