Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Binahong tanaman obat herbal untuk mempercepat penyembuhan luka

 Admin Satu  Penulis   Karawang   3/08/2022  diubah:2/03/2023 at 15:25     Direktori   

Binahong tanaman obat herbal untuk mempercepat penyembuhan luka
Daun binahong untuk menyembuhkan luka. foto: taninews.com

Daun binahong merupakan tanaman yang berpotensi untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti menyembuhkan luka, mencegah stroke, dan menjaga kestabilan tekanan darah. Kandungan dalam Binahong yang berpeluang untuk pengobatan adalah flavonoid, asam oleanolik, saponin, dan asam askorbat. Kandungan asam askorbat pada tanaman ini penting untuk mengaktifkan enzim prolil hidroksilase yang menunjang tahap hidroksilasi dalam pembentukan kolagen, sehingga membantu proses penyembuhan (Ariani et al., 2013).

Menurut Backer (1963), tumbuhan Binahong (Anredera cordifolia L.) mempunyai klasifikasi sebagai berikut:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Classis: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Familia: Basellaceae
Genus: Anredera
Species: Anredera cordifolia L

Berdasarkan Penelitian Astuti (2011), dalam binahong terdapat kandungan metabolit sekunder yang tinggi saponin, fenol, dan flavonoid. Kandungan senyawa-senyawa ini mempunyai khasiat sebagai antioksidan dan antimikroba/antibiotik. Kandungan kimia dalam tanaman binahong antara lain flavonoid, polifenol, saponin, alkaloid, terpenoid, dan minyak atsiri (Umar, dkk. 2012).

Kandungan senyawa saponin pada binahong yang lebih tinggi dari pada senyawa lainnya, terutama pada umbi, juga bermanfaat. Saponin termasuk senyawa glikon (gula) dan senyawa aglikon, adapun senyawa aglikon adalah termasuk golongan steroid dan terpenoid (Astuti et al., 2011).

Manfaat Tanaman Binahong

Binahong sudah digunakan oleh sebagian masyarakat sebagai obat herbal alternatif untuk menyembuhkan atau mencegah beberapa penyakit. Khasiat dari daun binahong yang umum adalah melancarkan dan menormalkan peredaran serta tekanan darah, kemudian mencegah stroke, asam urat, maag, menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, ambeien, meringankan diabetes, melancarkan buang air kecil, buang air besar, dan sariawan berat (Umar, dkk.2012).

Selain itu binahong bisa untuk mempercepat menyembuhkan luka dan memar. Menurut Bargumono (2013), binahong dapat menyembuhkan memar akibat terpukul atau jatuh, rematik, terkena api (panas), dan pegal linu nyeri urat, sesak napas, menurunkan kadar gula darah bagi penderita dabetes kencing manis, batuk, gatal-gatal, radang ginjal, darah rendah, dan patah tulang. Selain itu binahong berhasiat menghaluskan kulit, penambah nafsu makan dan menyembuhkan jerawat.

Tanaman binahong memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat, termasuk sebagai obat luka. Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang, bunga, dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal (Ariani et al., 2013)

Perbanyakan tanaman binahong

Binahong dapat diperbanyak dengan cara vegetatif stek batang dan umbi. Binahong termasuk tanaman yang mudha diperbanyak dengan stek. Cara memperbanyak binahong dengan stek cukup dengan memotong batang binahong yang ada daunnya, lalu tancapkan di media yang lembab. Tunggu hingga keluar daun dan akar, setelah itu bisa dipindah ke tempat penanaman.

Ternyata binahong sangat bermanfaat untuk obat herbal alternatif. Daunnya yang hijaumerambat selain untuk hiasan menyegarkan pemandangan, penghijauan, menanam binahong juga bermanfaat untuk persediaan tanaman obat herbal. Ayo tanami lahan pekarangan kita dengan tanaman binahong. Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Produksi Jambu Biji Indonesia tahun 2020
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Produksi Jambu Biji Indonesia tahun 2020


  27/09/2022   Data 
Serai wangi, tanaman penghasil minyak atsiri
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Serai wangi, tanaman penghasil minyak atsiri


  11/09/2022   Direktori 
Mengenal Talas Unggul Indonesia: Talas Pratama
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Mengenal Talas Unggul Indonesia: Talas Pratama


  20/03/2022   Direktori  11