Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

5 Cara membuat benih kangkung untuk hidroponik

 Admin Satu  Penulis   Karawang   18/03/2022  diubah:21/05/2023 at 19:59     Tutorial 1   

5 Cara membuat benih kangkung untuk hidroponik
Stek Kangkung Hidroponik. Foto: taninews.com

Pembaca taninews di seluruh Indonesia, kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai 5 cara membuat bibit kangkung untuk hidroponik. Hidroponik merupakan cara budidaya tanaman dengan menggunakan media air dengan nutrisi yang dilarutkan. Hidroponik terbagi menjadi beberapa metode, yang paling sederhana namanya metode hidroponik wick system atau sistem sumbu. Kemudian ada yang namanya sistem NFT (nutrient film technique), DFT (deep flow techninque), rakit apung, dan dutch bucket.

Untuk skala rumah tangga atau hobi, sistem yang paling cocok adalah sistem sumbu. Ini bisa dijadikan solusi untuk membantu memenuhi kebutuhan sayur rumah tangga bagi yang mempunyai lahan sempit. Ini bisa dijalankan dengan peralatan sederhana, hemat biaya dan hemat tempat. Hidroponik sistem sumbu cocok untuk menanam sayur-sayuran satu musim seperti kangkung, bayam, selada, kailan, dan sawi.

Bagaimana membuat bibit kangkung untuk hidroponik? Berikut 5 cara membuat bibit kangkung untuk hidroponik.

1. Menggunakan biji
Ini cara paling umum. Biji kangkung tersedia banyak di toko online. Kita bisa membeli eceran misalnya 50gram, atau bahkan ada yang menjual per biji. Cara menanamnya bisa langsung di gelas hidroponik atau disemai dulu di rockqwoll atau arang sekam, setelah tumbuh tiga daun baru dipindah ke gelas hidroponik.

Kelebihan menggunakan bibit dari biji antar lain murah, mudah didapat, tanaman seragam, bisa langsung diisi banyak tanaman. Sementara kekurangannya tanaman lebih lama untuk dipanen.

2. Menggunakan batang bawah kangkung
Ini bisa menggunakan batang bawah yang ada akarnya dari sayuran kangkung yang dibeli di warung. Potong batang bawah, lalu masukkan ke gelas plastik.

Kelebihannya: tanaman cepat tumbuh. Kekurangannya, tanaman cepat tua dan berbunga, gelas lebih cepat penuh oleh batang kangkung.

batang bawang kangkung untuk dijakikan bibit

batang bawang kangkung yang tidak terpakai bisa menjadi bahan bibit kangkung hidroponik. foto:taninews.com

3. Menggunakan batang tengah kangkung
Menggunakan batang tengah kangsung sisa sayuran dapur setelah diambil daunnya untuk disayur. Kelebihannya tanaman cepat bercabang. Kekuranganya gelas hidroponik cepat penuh oleh batang, dan tanaman lebih cepat tua.

4. Menggunakan batang atas/pucuk kangkung
Kangkung sisa sayuran dapur diambil pucuk kira-kira yang berisi 3 daun. Daunnya boleh diambil untuk dimasak, sisakan batangnya. Kelebihan cara ini, tanaman lebih cepat tumbuh, jadi lebih cepat panen. Kekuranganya, bagian pucuk biasanya enak untuk dimakan jadi kita harus mengorbankan untuk dijadikan bibit.

pucuk kangkung

Pucuk Kangkung. Foto: taninews.com

5. Menggunakan stek tunas dipangkal daun
Teknik ini akan menghasilkan bibit paling banyak yang didapatkan dari kangkung yang dibeli di warung. Caranya, kita potong batang kangkung per daun. jadi satu daun menjadi satu potongan. Kemudian masukkan dalam air, 3 hari kemudian akan tumbuh akar dan tunas, bisa pindahkan ke pot atau gelas hidroponik.

bibit kangkung satu mata tunas

Stek tunas kangkung. Foto: taninews.com

Kelebihan cara ini akan menghasilkan banyak bibit kangkung karena satu ruas menghasilkan satu tanaman. Kekurangannya, kita harus mengorbankan semua bantang kangkung untuk bibit.

Membuat bibit kangkung untuk hidroponik ternyata sangat mudah. Kita bisa menggunakan biji atau dari sisa batang kangkung yang dibeli di warung. Demikian 5 cara membuat bibit kangkung untuk hidroponik. Mari, manfaatkan sisa ruang di rumah kita untuk ditanami sayuran. Rajin makan sayur akan menyehatkan. Selamat mencoba.

Tags

hiroponik

One thought on “5 Cara membuat benih kangkung untuk hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Pengendalian hama terpadu dengan tanaman refugia
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Pengendalian hama terpadu dengan tanaman refugia


  15/05/2022   Tutorial 
Membuat larutan hidroponik sendiri
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Membuat larutan hidroponik sendiri


  20/03/2022   Tutorial  1
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Membuat kompos dari sampah dapur


  8/03/2022   Tutorial 
Budidaya Talas Beneng
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Budidaya Talas Beneng


  7/08/2022   Tutorial