Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Membuat teh lemon bunga telang

 Admin Satu  Penulis   Karawang   5/11/2022  diubah:2/03/2023 at 13:58     Resep   

Membuat teh lemon bunga telang
Teh lemon bunga telang. Foto: taninews.com

Yang akan kita buat dalah teh bunga telang (clitoria ternatea) dicampur dengan irisan lemon. Teh bunga telang kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, berkhasiat anti kanker, anti radikal bebas. Jeruk lemon berguna sebagai penambah rasa, sumber vitamin C, dan menyamarkan aroma bunga telang yang agak langu.

Menurut Suebkhampet dan Sotthibandhu 2011 dalam Hartono dkk., 2013, warna biru dari bunga telang disebabkan karena adanya pigmen antosianin. Penggunaan ekstrak bunga telang tidak akan mempengaruhi aroma dan cita rasa makanan karena ekstrak bunga telang hanya mengandung zat warna antosianin apabila bunga sudah di ekstrak terlebih dahulu (Andarwulan, 2013 dalam Hartono dkk., 2013).

Hasil dari teh bunga telang dicampur jeruk lemon adalah minuman dengan warna ungu, aroma dan rasa seperti buah markisa, dan kandungan antioksidan yang tinggi.

Berikut ini cara membuat minuman teh bungan telang dan jeruk lemon.
Bahan untuk 1 liter air.

1. Air 1liter
2. 20 buah bunga telang segar maupun yang sudah dikeringkan
3. 4 irisan jeruk lemon.

Rebus air hingga mendidih, diamkan beberapa saat sampai suhunya turun. Bunga telang mengandung antioksidan, jadi yang sangat penting untuk diperhatikan adalah suhu air untuk menyeduh agar menghasilkan kandungan antioksidan yang maksimal.

Menurut panelitian, kandungan antioksidan tertinggi didapat pada penyeduhan bunga telang pada suhu 70 derajat celcius dan diaduk dalam waktu 15 menit.

Untuk hasil terbaik, gunakan termometer/pengukur suhu. Saat suhu mencapai 70 derajat, masukkan bunga telang aduk selama 15 menit. Setelah itu, masukkan jeruk lemon dan gula secukupnya.

Teh lemon bunga telang siap dihidangkan. Teh lemon bunga telang bisa dinikmati selagi hangat, atau ditambahkan es sesuai selera. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Resep Teh Pandan
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Resep Teh Pandan


  22/06/2022   Resep 
Membuat nasi biru bunga telang
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Membuat nasi biru bunga telang


  4/08/2022   Resep  1