Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Ciplukan tanaman liar harapan untuk obat antikanker

 Admin Satu  Penulis   Karawang   16/09/2022  diubah:2/03/2023 at 15:22     Direktori   

Ciplukan tanaman liar harapan untuk obat antikanker
Physalis angulata, wild plant from Darmaga, Bogor, West Java, Indonesia. Foto: W.A. Djatmiko (Wie146) -

Ciplukan atau ceplukan (Physalis Sp) merupakan tumbuhan liar yang banyak tumbuh di pesawahan, pinggir parit, maupun di semak-semak. Buah ini banyak dipetik oleh anak kecil dan mereka yang bekerja di sawah karena rasa buahnya yang enak, kecut mirip tomat tapi manis. Kalau masih muda, buah ciplukan terasa pahit, tapi kalau sudha matang manis kecut seperti tomat cherry. Selain diambil buahnya, daun, batang dna akar ciplukan teryata bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Di beberapa daerah di Indonesia Ciplukan disebut dengan Ceplukan, Cimplukan (Jawa); Cecenet (Sunda); Yor-yoran (Madura); Lapinonat (Seram); Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali); Dedes (Sasak); dan Leletokan (Minahasa). Sementara dalam bahasa ingrris disebut Morel berry, gooseberry, dan golden berry.

Ada tiga spesies ciplukan yang biasanya ditemukan di Indonesia yaitu Physalis Angulata, Physalis Peruviana, dan Physalis Minima.

Klasifikasi Tanaman Ciplukan

Kingdom Plantae
Divisi Spermatophyta
Sub Divisi Angiospermae
Kelas Dicotyledonnae
Ordo Solanales
Famili Solanaceae
Marga Physalis
Spesies 1. Physalis angulata L.,
2. Physalis peruviana, dan 3. Physalis Minima

Ciplukan banyak tumbuh sebagai gulma di sawah-sawah di pulau Jawa. Para petani biasanya membuang tanaman ini karena dianggap rumput pengganggu. Kemampuan perkembangbiakan yang tinggi membuat ciplukan sering ditemui di pesawahan. Biasanya, buah yang sudah matang dan tidak dipetik akan jatuh dan terpendam tanah. Biji dari ciplukan yang tertimbun ini kalau kondisi tanah menjadi lembab akan tumbuh menjadi tumbuhan ciplukan. Itulah mengapa tumbuhan ini hampir selalu ada di sela-sela tanaman di sawah.

Oleh petani Ciplukan sering dianggap sebagai tanaman penggangu dan dibuang. Pemanfaatannya sebatas dikonsumsi buahnya di sawah sebagai buah darurat, belum ada budidaya serius untuk tumbuhan ini. Padahal ciplukan ternyata unya prospek ekonomi yang menggiurkan. Buah ciplukan banyak dijual di marketplace dengan harga fantastis, pernah mencapai ratusan ribu per 100gram nya. Ini tentu harga yang sangat mahal.

Buah ciplukan juga kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengutip situs US FoodData Central, dalam 100 gram buah ciplukan mengandung nutrisi berikut:

Kalori 44 kcal
Karbohidrat 10.2 gram
Serat 4.3 gram
protein 0.88 gram
Lemak 0.58 gram
Vitamin C 27.7 gram
Thiamin 0.04 mg
Ribofalvin 0.03 mg
Niasin 0.3 mg
Vitamin A 15 mcg
Besi 0.31 g
Kalium 198 mg
kalsium 25 mg
Fosfor 27 mg

Akar, batang, dan daun ciplukan bisa dimanfaatkan untuk obat herbal atau kesehatan. Ini karena kandungan ciplukan yang bermanfaat dalam bidang obat-obatan, antara lain glikoida flavonoid, alkaloid, saponin, fisalin, withangulati A, protein, minyak lemak, asam falmitat, asamasetat. Secara spesifiknya glukosida flavonoid dalam ciplukan berkhasiat sebagai obat diabetes mellitus karena dapat memperbaiki regulasi dalam darah dan menghilangkan efek samping (komplikasi) diabetes mellitus (Verheijdan Coronel, 1997).

Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam ciplukan antara lain saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin.

Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman, antara lain:

  1. Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
  2. Biji : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat
  3. Akar : alkaloid
  4. Daun : glikosida flavonoid (luteolin)
  5. Tunas : flavonoid dan saponin

Dengan beragam kandungan tersebut, ciplukan dipercaya menjadi obat herbal beberapa penyakit.Berikut manfaat ciplukan untuk kesehatan:

  1. Hipertensi/tekanan darah tinggi
    Kandungan flavonoid dalam akar dan batang ciplukan bisa menurunkan tekanan darah
  2. Menurunkan kadar gula darah
    Akar dan batang ciplukan efektif mengontrol kadar gula darah pada pengidap diabetes melitus/kencing manis. Flavonoid dalam ciplukan dapat memperbaiki regulasi dalam darah dan menghilangkan efek samping (komplikasi) diabetes mellitus. Akar dan batang ciplukan juga mengandung saponin yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah
  3. Obat Sariawan
    Buah ciplukan kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sariawan, dan mengobati gusi berdarah

Selain itu, cimplukan bisa menjadi harapan untuk aktivitas antikanker. Dikutip dari Indonesia Proud , menurut penelitian Amelilinda Monikawati, Inna Amandari dan Sofa Farida dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ciplukan mengandung senyawa Fisalin dan Withanolid yang disinyalir dari berbagai laporan mengandung aktivitas antikanker.

Senyawa tersebut bersifat sitotoksik (penghancur sel) pada beberapa sel kanker, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara MDA-MB 231, sel adenokarsinoma paru NCL-H23, sel leukimia, dan memiliki aktivitas anthihepatoma pada sel hepatoma manusia Hep G2, Hep 3B, dan PLC/PRF/5.

Penelitian “Aktivitas Kemopreventif Ekstrak Etanolik Herba Ciplukan (Physalis angulata L.) pada Kanker Payudara: Kajian Secara In Vitro dan In Vivo”, menjadi pemenang I dalam ajang Kompetisi Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-9 2010 yang diselenggarakan di Widya Graha LIPI Jakarta yang berakhir pada 23 November 2010 silam.

Dari beragam manfaat di atas, Ciplukan sangat berpotensi untuk dijadikan tanaman komoditas pertanian yang menguntungkan. Selain dikonsumsi buahnya, ciplukan berpotensi menjadi obat herbal tradisional. Indonesia mempunyai banyak sumber tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal. Dengan kemajuan tekonologi, maka akan semakin banyak penelitian mengenai tumbuhan yang berpotens sebagai kandidat obat-obatan tradisional. Ciplukan salah satunya.

Tags

herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Mengenal Talas Unggul Indonesia: Talas Pratama
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Mengenal Talas Unggul Indonesia: Talas Pratama


  20/03/2022   Direktori  11
Tapak dara, bunga indah turunkan tekanan darah
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tapak dara, bunga indah turunkan tekanan darah


  7/06/2022   Direktori 
8 jenis pepaya unggul di Indonesia
 Admin Satu  Penulis   Karawang

8 jenis pepaya unggul di Indonesia


  21/09/2022   Direktori 
Jarak China atau Daun Yodium untuk mengobati luka
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Jarak China atau Daun Yodium untuk mengobati luka


  8/03/2022   Direktori