Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Top working singkong karet dengan singkong sayur, daun cepat melimpah

 Admin Satu  Penulis   Karawang   20/11/2022  diubah:3/08/2023 at 13:34     Tutorial   

Top working singkong karet dengan singkong sayur, daun cepat melimpah
Top working singkong karet. Foto: taninews.com

Top working adalah mengganti bagian atas suatu tanaman dengan bagian tanaman lain, tujuannya biasanya untuk peremajaan tanaman, memperbanyak entres tanaman, mengubah tanaman menjadi varietas lain. Top working sama dengan grafting, tapi dilakukan pada batang bawah yang sudah dewasa.

Top working biasa dilakukan untuk tanaman mangga, alpukat, jambu biji, biasanya batang bawah berasal dari pohon yang sudah dewasa varietas yang kurang bagus buahnya, disambung dengan entres dari varietas yang bagus. Hasil dari top working adalah pohon berganti menjadi jenis baru.

Kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai top working tanaman ubi kayu/singkong karet. Singkong karet mempunyai keunggulan batangnya yang kuat dan akarnya panjang dan kuat, sehingga tanaman singkong karet awet bertahun-haun dibanding singkong konsumsi. Tapi kekurangan singkong karet adalah kadar sianidanya yang tinggi pada akar, batang, dan daun, walaupun sudah direbus sensasi pahit sering masih terasa.

Sifat baik singkong karet berupa batang yang kuat, akar yang panjang ini yang akan kita manfaatkan untuk mendukung pertumbuhan singkong sayur, jadi singkong sayur akan kita jadikan batang atas (entres). Tujuan dari top working singkong karet dengan entres singkong sayur ini adalah mendapatkan daun singkong sayur yang banyak, awet. Manfaat lain adalah singkong sayur sebagai batang atas akan cepat besar dan cepat berkembang.

Misalnya kita memiliki singkong unggul hanya satu bagian pucuk, dengan dijadikan entres untuk top working pada singkong karet, maka entres unggul akan segera menjadi besar dan banyak sehingga bisa mempercepat perbanyakan bibit unggul sinkong.

Bagaimana caranya top working singkong karet dengan singkong sayur?

  1. Pohon singkong karet yang sudah dewasa dan besar
  2. Potong sekitar 1 meter dari tanah, ingat potong tepat di atas mata tunas agar batang bawah tetap hidup sampai ujung
  3. Sediakan entres singkong sayur bagian pucuk, muda, sedikit berkayu lebih tahan kering
  4. Potong miring entres singkong sayur (potongan model weep)
  5. Iris dan kelupas batang singkong karet sebesar ukuran entres
  6. Lekatkan entres dan ikat menggunakan plastik PET dengan rapat. kalau musim kemarau cukup dengan ini, kalau musim penhujan perlu diberi sungkup plastik agar air hujan tidak masuk ke sambungan yang bisa menyebabkan busuk
  7. Tunggu sekitar 14 hari biasanya tunas sudah muncul. Tunggu sampai tunas membesar, plastik boleh dibuka

Top working singkong karet dengan singkong sayur keberhasilannya tinggi. Percobaan yang kami lakukan dengan 3 entres berhasil menyambung semua.

hasil top working singkong karet

Top working singkong karet dengan singkong sayur. Foto: taninews.com

Singkong sayur yang sudah tersambung dengan batang singkong karet akan cepat tumbuh besar, dan bisa dipanen secara rutin. Dengan cara ini singkong sayur akan awet hingga bertahun-tahun karena ditopang batang dan akar yang kuat.

top working singkong karet
Hasil top working singkong karet. Foto:taninews.com

Kelebihan singkong karet adalah mempunyai akar yang kuat dan berkayu sehingga lebih tahan terhadap busuk. Selain itu juga mempunyai batang yang kuat, Dengan top working, batang atas singkong sayur akan mendapat nutrisi yang banyak sehingga menghasilkan daun singkong sayur yang melimpah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Pengendalian hama terpadu dengan tanaman refugia
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Pengendalian hama terpadu dengan tanaman refugia


  15/05/2022   Tutorial 
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tips menyambung singkong karet dengan singkong konsumsi


  22/11/2022   Tutorial 
Menyambung singkong sayur pada pohon singkong karet
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Menyambung singkong sayur pada pohon singkong karet


  9/06/2022   Tutorial