Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Bupati Kabupaten Keerom Panen Bersama Padi Inpari Nutri Zinc Di Distrik Skanto

 Muhammad Nur  Penyuluh Pertanian   Sentani,Jayapura,Papua   10/08/2023      DaerahPanen   

Bupati Kabupaten Keerom Panen Bersama Padi Inpari Nutri Zinc Di Distrik Skanto
Panen bersama selain dihadiri Bupati Kabupaten Keerom didampingi Ketua PKK Keerom, Wakapolres Keerom, Kepala BSIP Papua, Wakil Ketua I DPRP Keerom, Plt. Kepala Dinas Pertanian Keerom, Dandim 1701/JYP, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Senggi, CV. Maju Taman Agro, Kepala Kampung Intaimelyan, Kepala Distrik Skanto serta anggota kelompok tani.

Kelompok Tani Karya Makmur menjadi salah satu poktan yang mandiri mengembangkan budidaya padi di Distrik Skanto Kabupaten Keerom. Panen bersama ini merupakan panen kedua pada tahun 2023 yang dihadiri langsung oleh Bupati Keerom pada Hari Senin, 7 Agustus 2023 di lahan ketua kelompok tani Pak Suratno seluas 2 ha.

Pak Suratno merupakan salah satu kooperator perbenihan padi BSIP Papua yang eksis budidaya padi sampai saat ini. Panen bersama selain dihadiri Bupati Kabupaten Keerom didampingi Ketua PKK Keerom, Wakapolres Keerom, Kepala BSIP Papua, Wakil Ketua I DPRP Keerom, Plt. Kepala Dinas Pertanian Keerom, Dandim 1701/JYP, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Senggi, CV. Maju Taman Agro, Kepala Kampung Intaimelyan, Kepala Distrik Skanto serta anggota kelompok tani.

Varietas padi yang ditanam antara lain Inpari Nutri Zinc dan Padi Hibrida. Namun, panen yang dilaksanakan pada pertanaman musim ini produktivitas berkurang karena adanya serangan penggerek batang padi. Kepala BSIP, Dr. Ir. Martina Sri Lestari, MP menyampaikan bahwa serangan HPT salah satunya disebabkan oleh tidak adanya pergiliran varietas padi dari musim sebelumnya dan terlambatnya pengendalian yang harus dilakukan.

Pada kesempatan ini, Bupati Keerom, Piter Gusbager memberikan bantuan 13 alat dan mesin pertanian kepada petani untuk meningkatkan produksi dan motivasi petani. Piter Gusbager menyampaikan bahwa 60 persen masyarakat Kabupaten Keerom merupakan petani sehingga pertanian menjadi salah satu sektor penting di Kabupaten Keerom.

Motivasi dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom kepada petani Arso 9 agar pemanfaatan lahan basah tetap kontinu pada sektor pertanian khususnya tanaman padi untuk mendukung ketahanan pangan dan swasembada pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Muhammad Nur
 Penyuluh Pertanian   Sentani,Jayapura,Papua

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Muhammad Nur