Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Agrowisata jambu kristal desa Munggangsari, Grabag, Purworejo

 Admin Satu  Penulis   Karawang   2/03/2023    903 Views   

Agrowisata jambu kristal desa Munggangsari, Grabag, Purworejo
Agrowisata Jambu Kristal Munggangsari, Grabag, Purworejo. Foto: purworejonews.com

Wilayah pesisir kabupaten Purworejo berupa tanah kering berpasir dengan intensitas matahari sepanjang tahun. Daerah ini cocok ditanami buah-buahan, misalnya jambu kristal. Salah satu wilayah yang menjadi sentra jambu kristal adalah Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, kabupaten Purworejo.

Di desa ini kebun buah jambu Kristal seluas sekitar 80 hektar di Desa Mungganggsari, Kecamatan Grabag, menjadi ikon agrowisata baru di Purworejo. Keberadaan kebun tersebut telah banyak menarik wisatawan untuk berkunjung dan memetik langsung buah jambu dari pohonnya

Kebun buah jambu kristal memang banyak ditanam oleh para petani di bagian selatan kecamatan Grabag. Dari Desa Ukirsari yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen, Pasaranom, Munggangsari, Ketawangrejo, Patutrejo, hingga desa Harjobinangun yang berbatasan dengan kecamatan Ngombol.

Dikutip dari website Kecamatan Grabag, dalam pengelolaan kebun jambu ini, juga harus melibatkan lembaga desa dan TP PKK desa dengan menyertakan Dasa wisma PKK untuk andil, terutama olahan makanan lokal.

Di kebun agrowisata yang dibuka tahun 2021 ini, pengunjung bisa menikmati jambu kristal yang baru dipetik, atau bisa juga memetik sendiri. Selain itu, ada banyak makanan olahan hasil karya Tim PKK tingkat Dasawisma Desa Munggangsari yang mungkin tidak ada di tempat lain seperti grubi jambu kristal, pelas yingking (kepiting laut), manisan jambu kristal, dan aneka olahan berbahan baku singkong, pepaya, terong, dan lainnya.

Menurut ibu Dyah Ernawati, Korlap PLKB Kec. Grabag waktu berkunjung ke kebun agro wisata mengatakan “buahnya manis, segar dan marem karena begitu datang petik langsung makan ”

Bagaimana menuju agrowisata Jambu Kristal Desa Munggangsari? Untuk menuju ke sini bisa menggunakan jalur selatan (jalan Daendels) yang memanjang dari Kebumen pantai Suwuk) sampai menjelang pantai Congot, Kulon Progo.

Dari arah Jogja bisa menggunakan jalur selatan melalui Bantul, Srandakan, Trowongan NYIA, Grabag
Atau menggunakan jalan nasional melewati depan NYIA, belok kiri ke jalan Congot, masuk jalur selatan.

Dari jalur selatan – tengah, Kebumen – Purworejo, bisa berbelok di perempatan Kutoarjo mengambil arah ke Katawang, kemudian di lampu merah Ketawang belok kanan. Desa Munggangsari terletak kira-kira 1 km ke arah barat.

Alamat:
Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo

Sumber foto:
Purworejonews.com



Tampilkan Agrowisata di sini

Sedang merintis agrowisata, atau pernah berkunjung ke agrowisata dan ingin menuliskannya?

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil agrowisata di sini, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya. Gratis

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Agro Wisata yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
Agrowisata perkebunan Teh Tambi, Wonosobo

  14/03/2023 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
Agrowisata PKK Agropark, Lampung Selatan

  13/01/2023 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
Agrowisata Cilangkap, Jakarta Timur

  17/01/2023