Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung

 Admin Satu  Penulis   Karawang   4/08/2022    695 Views   

SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung
SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung. foto: majalahsora.com

SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung adalah salah satu sekolah menengah kejuruan/vokasi berbasis bidang pertanian yang ada di Provinsi Jawa Barat. SMK Negeri 3 Baleendah sebelumnya adalah Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP – SPMA) yang berdiri pada tahun 1968 dan terdaftar pada Departemen Peranian, No. 55/Drh/1970, tanggal 17 Juli 1970. Sekolah ini awalnya berlokasi di Desa Lebak Wangi, Kecamatan Pameungpeuk, Kab. Bandung.

Pada Agustus 1977, SPMA Lebakwangi dipindahkan lokasinya ke Baleendah, dan terkenal dengan sebutan SPMA Baleendah. Nomenklatur resminya adalah Sekolah Pertanian Pembangunan – Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPP – SPMA) yang secara administratif berada di bawah pembinaaan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, tapi secara Edukatif di bawah Pembinaan Departemen Pertanian. Karne itu para pegawainya, baik Guru dan Tenaga Administrasi di sekolah pertanian bukan di rekrut dari tenaga pengajar fungsional, tetapi dari Pegawai Struktural Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat DPK pada SPP-SPMA Baleendah.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2002 terjadi pelimpahan kewenangan pusat pada daerah/Otonomi Daerah, ada kebijakan dari Pemerintah Daerah, bahwa seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Bandung pembinaannya langsung dibawah Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.

Seak tanggal 27 November 2002, SPP-SPMA Baleendah beralih di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, dan berubah nama menjadi SMK Negri 3 Baleendah sampai tahun 2017. Pada Tahun 2018 pengelolaan SMKN 3 Baleendah dialihkan kepada Dinas Propinsi sampai dengan sekarang.

Mengikuti perkembangan dan tuntutan jaman, SMKN 3 Baleendah juga membuka jurusan selain pertanian yaitu bidang Pemasaran, Keuangan, dan Perkantoran. Saat ini ada 5 program keahlian di SMKN 3 Baleendah.

Program Keahlian di SMK Negeri 3 Baleendah

  • Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH)
  • Pemuliaan Pembiakan Tanaman (PPT)
  • Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)
  • Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL)
  • Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Alamat:
Jl. Adipati Agung No.34, Baleendah
Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung
Jawa Barat 40375

Website:
www.smkn3baleendah.sch.id



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Temanggung

  31/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 8 Pinrang

  14/01/2023 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan

  16/11/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Nawangan, Pacitan

  27/07/2022