Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Polbangtan Manokwari, Papua Barat

 Admin Satu  Penulis   Karawang   13/11/2022    344 Views   

Polbangtan Manokwari, Papua Barat
Polbangtan Manokwari, Papua Barat. Foto:polbangtanmanokwari.ac.id

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari adalah sekolah vokasi tingkat pendidikan tinggi di bawah Kementerian Pertanian yang ada di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Polbangtan Manokwari berdiri tahun 2018 diresmikan oleh Menteri Pertanian.

Dikutip dari website polbangtanmanokwari.ac.id, awal mula POLBANGTAN Manokwari tak lepas dari keberadaan Lembaga Penelitian dan Pendidikan Pertanian Manokwari (LP3M) atau Agrarisch Proefistation Manokwari oleh pemerintahan Belanda (1961).

Baca: Daftar 7 Politeknik Pertanian dengan biaya kuliah gratis

Pada awal 1963 (masa peralihan kekuasaan dari Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Indonesia) terjadi kekurangan tenaga terutama di bidang pertanian. Hal tersebutlah yang mendasari didirikannya Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Manokwari di bawah LP3M Manokwari diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 21/MP/65 tanggal 30 Januari 1965, yang terdiri dari tiga jurusan, yaitu Pertanian, Peternakan dan Kehutanan. Tahun 1987 SPMA diubah menjadi SPP atau Sekolah Pembangunan Pertanian Manokwari yang berkampus di Reremi.

Dalam perkembangannya, untuk menjawab kebutuhan akan tenaga penyuluh dan peningkatan SDM Pertanian khususnya di kawasan Indonesia Timur, maka berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2002 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Medan, Magelang, Gowa, dan Manokwari, Departemen Pertanian meningkatkan status SPP Manokwari menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari.

Sementara Polbangtan Manokwari diresmikan secara nasional pada tanggal 18 September 2018 oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP. Penyelenggaraan POLBANGTAN berdasarkan Permentan Nomor. 25/Permentan/OT.020/5/2018 tanggal 28 Mei 2018, tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pembangunan Pertanian dan Permentan Nomor : 36/Permentan/SM.220/8/2018 tanggal 7 Agustus 2018 tentang Statuta Politeknik Pembangunan Pertanian.

Jurusan/Pogram Studi di Polbangtan Manokwari

  • Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
  • Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan
  • Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan

Alamat Polbangtan Manokwari:
Jln. SPMA Reremi, Manokwari Barat, Kec. Manokwari Barat
Kabupaten Manokwari, Papua Barat
kode pos 98312

Website:
polbangtanmanokwari.ac.id



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Pandak, Bantul

  27/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri Basidondo, Tolitoli

  29/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Bengkayang

  28/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi

  3/08/2022