Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang

 Admin Satu  Penulis   Karawang   30/07/2022    472 Views   

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang
SMK Petanian Pembangunan Negeri Lembang, Bandung Barat Foto: jurnalreformasi.com

SMK Pertanian Pembangunan Negeri (SMK PP Negeri) Lembang adalah sekolah menengah kejuruan bidang pertanian di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sejarah awal sekolah ini bermula dari Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) yang didirikan pada tanggal 24 September 1964 oleh masyarakat Bandung Utara yang disponsori Ikatan Pemuda Bandung Utara (IPBU), Lembaga Sosial Desa Cidadap dan SPMA Tanjungsari, yang diresmikaan dengan Surat Keputusan Gubernur DT.I Jawa Barat No. B.III l12/E-50/Pend/SK/1965 tanggal 26 September 1965.

Sejak tahun 1998 melalui proses ruislag (tukar guling) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat kampus SMK PP N Lembang pindah ke Cilumber Lembang. Dengan ditandatangani surat kesepakatan bersama antara Menteri Pertanian dan Menteri Pendidikan Nasional tanggal 31 Juli 2008 tentang Pembinaan SMK-Pertanian, maka nomenklaturnya menjadi “Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Lembang di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Jurusan/Program Studi di SMK PP Negeri Lembang

  • Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH)
  • Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP)
  • Lanskap Pertamanan

Program Studi/Kompetensi Keahlian ATPH
kompetensi keahlian ATPH merupakan keahlian yang mempelajari cara-cara menanam tanaman, dimulai dari pengolahan lahan, pembenihan, pemeliharaan, pemanenan dan selanjutnya melakukan pemasaran kepada konsumen. banyak komoditas tanaman yang dipelajari dan dijadikan bahan praktek untuk mengembangkan ilmu bercocok tanam di SMKN Pertanian Pembangunan Lembang diantaranya tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman hias dan tanaman buah. Komoditas dari tanaman tersebut selain dilakukan penanaman secara konvensional juga dilakukan secara modern seperti hidroponik dan kultur jaringan sehingga tidak dilakukan di ruang terbuka melainkan dilakukan di ruang tertutup seperti Green House dan Laboratorium Kultur Jaringan.

Program Studi/Kompetensi Keahlian APHP

Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian yang terdapat di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang. Dalam hal ini orientasinya yaitu untuk menyiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Sektor Industri Pengolahan Sub Sektor Industri Pangan dan Minuman bidang Teknologi Hasil Pertanian.

Program Studi/Kompetensi Keahlian Lanskap & Pertamanan
Kompetensi keahlian LANSKAP Pertamanan merupakan program keahlian baru yang ada di smk ppn lembang, kompetensi keahlian ini dibentuk untuk memberikan sentuhan seni pada jiwa peserta didik agar peserta didik dapat menanamkan jiwa untuk mencintai lingkungan yang tertata rapih dan asri. Kompetensi keahlian ini diberikan kepada peserta didik agar peserta didik dapat menganalisa dan mengenali jenis dan fungsi tanaman yang cocok untuk diterapkan dalam pembuatan taman baik sekala besar maupun kecil.

Fasilitas di SMK PP Negeri Lembang

  • Lahan praktek 15,57 Ha
  • Gedung sekolah
  • Laboratorium : kimia, fisika, biologi, klimatologi, pasca panen, kultur jaringan dan komputer
  • Aula Serba guna
  • Bengkel latih / mekanisasi
  • Perpustakaan
  • Lapangan olah raga
  • Green House, Screen House
  • Kandang ternak sapi, kambing
  • Mesjid
  • Asrama siswa
  • Perumahan guru/karyawan
  • Mess
  • Bis Sekolah
  • Ruang Praktek Siswa (RPS)
Logo SMK PP Negeri Lembang
Logo SMK PP Negeri Lembang

Alamat SMK PP Negeri Lembang:
Jl. Tangkuban Perahu Km.3 Cilumber Lembang, Cibogo,
Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jawa Barat 40791

telp:
022 – 2789348
022 – 2786113

Email:
info@smkppnlembang.sch.id

Website:
smkppnlembang.sch.id



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 2 Batu, Jawa Timur

  27/12/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri Pertanian 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi

  1/08/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Lewoleba, Lembata

  12/12/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Ngablak Kabupaten Magelang

  5/08/2022