Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Merasakan durian lokal di Festival durian Gunungpati, Semarang

 Admin Satu  Penulis   Karawang   10/03/2023  diubah:12/03/2023 at 23:03     Ragam   

Merasakan durian lokal di Festival durian Gunungpati, Semarang
Sejumlah pengunjung memadati stan penjual durian dalam festival Durian Gunungpati yang digelar di Souvenir Shop Cepoko, Sabtu (18/2/2023). (Tribun Jateng/ Budi Susanto)

Untuk mengembalikan kejayaan durian lokal khas Gununpati, maka ddigelar festival Durian Gunugpati. Acara yang menjadi rangkaian HUT Kota Semarang ke-476 ini digelar pada (18/2/23) bertempat di Souvenir Shop Cepoko Gunungpati, Semarang.

Dalam festival durian ini, sebanyak 3 ton durian pamerkan dan bisa dibeli pengunjung. Aneka jenis durian dengan nama khas masing-masing dijajakan, ada Monti, duri hitam, kumbokarno, Upin Ipin, Suroso, Mail, Usep, Emprit, Gendik Green Zahra dan lainnya.

Ada jenis durian khas Gunungpati yang pernah menjadi juara durian yaitu durian jenis montong atau monti. Durian ini ada yang beratnya mencapai 12.4kg.

Ketua Panitia Festival Durian Gunungpati, Masduki menyampaikan ada sebanyak 25 petani durian ikut dalam festival tersebut. Masing-masing membawa buah unggulan untuk dijajakan dalam festival. Selain itu juga diikutkan dalam lomba kualitas durian.

“Yang dijajakan ada beberapa varian durian seperti Monti, duri hitam, kumbokarno hingga malika dan varian unggulan petani durian Gunungpati,” jelasnya.

Walikota Semarang Hevearita Gunarynti Rahayu atau Mbak Ita menyatakan Festival Durian Gunungpati menjadi rangkaian HUT Kota Semarang ke-476. Festival tersebut juga sempat vakum selama dua tahun dan baru dibuka kembali di tahun 2023.

“Harapan kami melalui festival, durian lokal kembali terangkat. Kami juga akan menjadikan Souvernir Shop Cepoko jadi sentral durian di Kota Semarang,” paparnya.

Tags

duriangunungpati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil
Belum menjadi anggota?
Daftar di sini

Tulisan dari Admin Satu


Terkait

Upacara Penti di NTT, ungkapan syukur atas panen
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Upacara Penti di NTT, ungkapan syukur atas panen


  9/03/2022   Ragam 
Tradisi methik padi, tradisi memanen padi
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tradisi methik padi, tradisi memanen padi


  13/11/2022   Ragam 
Tradisi menanam padi orang Tobaru, Halmahera
 Admin Satu  Penulis   Karawang

Tradisi menanam padi orang Tobaru, Halmahera


  6/04/2022   Ragam