Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

Universitas Jambi

 Admin Satu  Penulis   Karawang   20/01/2023    396 Views   

Universitas Jambi merupakan salah satu universitas di Jambi yang mempunyai jurusan pertanian. Ada beberapa jurusan di Fakulytas Pertanian Universitas Jambi, yaitu Agroteknologi, Agribisnis, Tkenologi Pertanian, dan Kehutanan.

Dikutip dari website pertanian.unja.ac.id, Fakultas Pertanian Universitas Jambi berdiri pada 23 Maret 1963, bersama pendiriran Universitas Jambi. Ada 2 jurusan sosial dan 2 jurusna eksakta awal pendirian UNiversitas Jambi. Akademi Perniagaan yang menjadi Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Yayasan Perguruan Tinggi Djambi adalah pelopor dan sekaligus motor dari semuanya ini. Pada awal berdirinya tanggal 20 Mei 1960, yayasan ini mulai mendirikan akademi perniagaan, kemudian pada tahun 1961 mengembangkan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum serta pada tahun 1963 memperjuangkan berdirinya Universitas Negeri Jambi yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Pertanian, dan Peternakan di bawah pimpinan seorang presidium yaitu Gubernur Jambi Yusuf Singedekane.

Untuk mendirikan fakultas eksakta, Yayasan Pendidikan Jambi merekrut dua orang sarjana pertanian lulusan IPB (Institut Pertanian Bogor) yaitu Ir. A. Rivai Saad, dan Ir. Sahril Yasan Sahab, untuk menjadi tenaga pengajar, memimpin Fakultas Pertanian dan sekaligus merekrut sarjana sarjana baru IPB lainnya untuk menjadi dosen pada kedua fakultas eksakta ini.

Pada tahun 1964, Rivai Saad (Dekan Fakultas Pertanian) diutus menemui rektor IPB untuk bekerjasama dalam merekrut tenaga pengajar fakultas eksakta di Universitas Negeri Jambi. Hasilnya adalah keluarnya SK pengangkatan tiga orang lulusan IPB untuk ditugaskan di Universitas Negeri Jambi, yaitu Ir. SB. Samad untuk Fakultas Pertanian, drh. Kadarman dan drh. Moh. Toha untuk Fakultas Peternakan.

Fakultas Pertanian Universita Jambi:

  • Agroekoteknologi
    • Prodi Agroekoteknologi (S1)
    • Prodi Magister Agroekoteknologi (S2)
  • Kehutanan
    • Prodi Kehutanan (S1)
    • Prodi Program Profesi Insinyur
  • Agribisnis
    • Prodi Agribisnis (DIII)
    • Prodi Agribisnis (S1)
    • Prodi Magister Agribisnis (S2)
  • Teknologi Pertanian
    • Prodi Teknologi Hasil Pertanian (S1)
    • Prodi Teknik Pertanian (S1)
    • Prodi Teknologi Industri Pertanian (S1)

email: faperta@unja.ac.id

Alamat:
Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota
Kabupaten Muaro Jambi
Jambi
kode pos 36657

Website:
pertanian.unja.ac.id



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau

  27/08/2022  2
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Nabire

  27/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Sigi

  29/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri Sulbar

  2/10/2022