Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sumedang

 Admin Satu  Penulis   Karawang   30/07/2022    348 Views   

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sumedang
SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sumedang

SMK Petanian Pembangunan Negeri Sumedang atau Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Sumedang merupakan sebuah lembaga pendidikan kejuruan setingkat SMA. Sesuai dengan namanya lembaga pendidikan ini bergerak dalam bidang pendidikan pertanian. Sebelum menjadi SMK, lembaga pendidikan ini merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) SPP-SPMA Negeri Sumedang.

SMK PP Negeri Sumedang berdiri tahun 1974 atas dasar keinginan masyarakat yang dimotori oleh HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia), sebagai sekolah SPP atau Sekolah Pertanian Pembangunan. Pendirian sekolah ini disahkan dengan Surat Keputusan Departemen Pertanian (Deptan) dalam hal ini BPLPP (Badan Pendidikan Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian).

Awalnya lokasi sekolah ini berada di desa Cibeureum. Kemudian pada tahun ajaran 1976/1977 pindah ke Desa Pasanggrahan, kemudian pada tahun 1978 pindah lagi ke SD Margamukti di Desa Licin. Sejak tahun 1979, sekolah ini memiliki bangunan sekolah sendiri sampai dengan sekarang di tempat yang sekarang ini.

Pada tanggal 9 Juni 1977 keluar Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sumedang dengan No. 78/Kpts/Bup/Smd/1977 tentang Pengakuan Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang terhadap SPMA Sumedang. Keputusan ini disusul dengan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat II Sumedang tanggal 13 Juni 1977 tentang Keputusan Dewan menyetujui SPMA menjadi SPMA Pemda Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang.

Pada tahun 2008 terjadi kesepakatan antara Menteri Pertanian dengan Menteri Pendidikan Nasional. Kesepakatan ini dituangkan dalam Kesepakatan Bersama Nomor: 1018/KPts/HM/2207/2008 dan Nomor: 04/VII/KB/2008 Tanggal 31 Juli 2008 tentang Pembinaan Pendidikan Menengah Kejuruan pada Sekolah Pertanian Pembangunan dan Naskah Kerjasama Teknis antara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian DEPTAN dan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah serta Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan Nomor: 95/OT.220/J/11/2009, Nomor: 5131/C.C5/MN/2009 dan 13300/F/KP/2009 untuk Penyelenggaraan Program Pendidikan Menengah Kejuruan Pertanian.

Berdasarkan kesepakatan ini SPP-SPMA Negeri Sumedang mulai melakukan proses peralihan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sumedang dan binaan Departemen Pertanian Republik Indonesia.

Pada tanggal 10 Februari 2011 SPP-SPMA ini berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK PP) Negeri Sumedang. Perubahan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor: 421.5/Kep.60-Disdik/2011 tentang Perubahan Status UPTD SPP-SPMA Cimalaka pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sumedang menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK PP-N) Sumedang.

Saat ini SMK PP Negeri Sumedang menyelenggarakan pendidikan dengan dua buah kompetensi keahlian yaitu Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortilkultura dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. SMK ini sebagaimana sekolah kejuruan lainnya, menerima siswa baru dari lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat. Bagi siswa yang kurang mampu, di SMK PP Negeri Sumedang juga tersedia beasiswa. Beasiswa disediakan dari program Kementerian Pertanian dan Beasiswa PIP/KIP.

Bagi lulusan SMP atau sederajat yang tertarik dengan bidang pertanian, bisa melanjutkan sekolahnya ke SMK ini. SKM PP Negeri Sumedang telah mendapatkan akreditasi dengan akreditasi A, disertai dengan sertifikasi ISO 9001:2008.

Jurusan/program keahlian di SMK Pembangunan Pertanian Negeri Sumedang:
– Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
– Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Alamat:
Jl. Desa Licin, Licin, Kec. Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45353

Sumber: sumedangtandang.com



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 2 Negara, Jembrana, Bali

  22/12/2022  1
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Kintamani, Bangli, Bali

  22/12/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Pandak, Bantul

  27/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 2 Rangkasbitung, Lebak

  13/01/2023