Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Bengkulu

 Admin Satu  Penulis   Karawang   2/08/2022    340 Views   

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Bengkulu merupakan sekolah menengah kejuruan/vokasi yang berkonsentrasi pada jurusan bidang pertanian. Sebelumnya sekolah ini dikenal dengan nama SPP SPMA, yang berdiri pada tanggal 24 September 1965 berdasarkan Surat Keputusan Bupati KDH Tingkat II Rejang Lebong.

Latar belakang pendirian sekolah pertanian pembangunan ini diilhami untuk mampu membangun sektor pertanian dengan sumber saya sendiri. Selain itu, berdirinya sekolah ini juga dalam rangka ikut bertanggung jawab menanggulangii permasalahan yang masih ada di Provinsi Bengkulu, antara lain :

  1. Adanya sistem perladangan yang berpindah – pindah
  2. Kurangnya tenaga terdidik di bidang pertanian untuk meningkatkan produksii pertanian
  3. Luasnya areal pertanian yang dapat dimanfaatkan di daerah – daerah propinsi Bengkulu

Pada tanggal 1 Februari 1969, sekolah ini diubah setatusnya menjadi Sekolah Pertanian Pembangunan Daerah Tingkat I Bengkulu dan menjadi satu – satunya sekolah pertanian yang ada di wilayah provinsi Bengkulu. Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bengkulu Nomor: 53/Pend/1969, tanggal 31 Maret 1969 Sekolah Pertanian Pembangunan Dati I Bengkulu yang waktu itu dikenal dengan SPMA, langsung di bawah Pemerintahan Provinsi Daerah Tingkat I Bengkulu.

Dengan perkembangannya pada bulan April 1977 sekolah ini dipindahkan dari Tempel Rejo Curup ke Kecamatan Kepahiang, tepatnya di Jalan Raya Kelobak Kepahiang dengan menempati areal 200 Hektar.

SPP Provinsi Bengkulu diubah statusnya menjadi SPP Negeri Bengkulu berdasarkan surat Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian nomor: DL. 210/282/IV/2002 tanggal 24 April 2002. Hal ini kemudian ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Bengkulu Nomor: 336 Tahun 2002 tanggal 1 Agustus 2002, tentang Perubahan Status Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Propinsi Bengkulu menjadi Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Negeri Bengkulu.

Kemudian pada tanggal 5 Februari 2010, Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Bengkulu berubah nomenklatur menjadi SMK – PP Negeri Bengkulu hingga saat ini.

Jurusan Program keahlihan di SMK-PP N Bengkulu
– Agribisnis Tanaman Pangan dan Horikultura (APHP)
– Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP)

Alamat
Desa Kelobak, Kecamatam Kepahiang
Kabupaten Kepahiang
Bengkulu 39372

Website:
smkppnbengkulu.sch.id



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang

  8/11/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang

  29/07/2022  1
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK SPP Negeri Samarinda

  2/12/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 4 Ogan Komering Ulu

  27/07/2022