Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

SMK Negeri Jawa Tengah di Pati

 Admin Satu  Penulis   Karawang   18/11/2022    582 Views   

SMK Negeri Jawa Tengah di Pati
SMKN Jawa Tengah di Pati. Foto: Facebook SMKN Jateng DI PATI

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jawa Tengah di Pati merupakan salah satu SMK Negeri Jawa Tengah, dua yang lain berada di Semarang dan Purbalingga. SMKN Jawa Tengah di Pati adalah sekolah kejuruan yang ada jurusan pertanian, yaitu Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian.

Dikutip dari situs jatengprov.go.id, SMK Negeri Jateng adalah sekolah boarding school alias seluruh siswanya diasramakan secara gratis. Tak hanya itu, mereka yang 100 persen berasal dari keluarga miskin mendapatkan fasilitas lengkap, dari makan tiga kali sehari hingga seragam dan buku pelajaran. SMK Jawa Tengah digagas oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 2014. Ini adalah bentuk kebijakan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk meningkatkan akses layanan pendidikan.

Metode pembelajaran di SMKN Jawa Tengah menerapkan disiplin mirip taruna bagi para siswanya. Contohnya sebelum sarapan pagi, para siswa harus berbaris rapi bersama kelompoknya, kemudian duduk tegap menghadap lauk di meja makan.

Setelah duduk juga tidak boleh asal ambil makanan. Pimpinan regu harus laporan dulu pada perwira bahwa anggotanya sudah lengkap, kemudian berdoa. Ketika laporan mau makan, ada ketentuan menggunakan tiga Bahasa, Senin dan Selasa Bahasa Inggris, Rabu Kamis Bahasa Jawa, Jumat dan Sabtu Bahasa Indonesia.

Selain itu, para siswa juga harus menghabiskan makanan. Kalau ada yang tidak habis, maka menjadi kewajiban teman-temanya untuk membantu menghabiskan.

Uniknya lagi, saat kelulusan SMKN Jawa Tengah yang mewisuda adalah Gubernur Jawa Tengah, saat ini Ganjar Pranowo. Para lulusan dari tiga kampus diwisuda di Kampus SMKN Jawa Tengah di Semarang.

Kapasitas siswa di SMK Jawa Tengah di Pati satu angkatan adalah 48 orang, terbagi dalam dua kompetensi keahlian.

Kompetensi keahlian di SMK Jawa Tengah di Pati:

  • Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian
  • Teknik Perbaikan Body Otomotif

Alamat:
Jalan Raya Pati Tlogowungu KM 3, Rendole Indah, Muktiharjo
Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Kode Pos 59163

Website:
smknjatengpati.sch.id



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Peranap, Indragiri Hulu

  29/09/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 8 Pinrang

  14/01/2023 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Surade Sukabumi

  27/07/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 2 Mukomuko

  27/07/2022