Logo Taninews.com - media informasi dan hobi pertanian

SMK Negeri 1 Ngablak Kabupaten Magelang

 Admin Satu  Penulis   Karawang   5/08/2022    679 Views   

SMK Negeri 1 Ngablak Kabupaten Magelang
SMK Negeri 1 Ngablak Kabupaten Magelang. SMK berbasis pertanian. foto: smkn1ngablak.sch.id

SMK Negeri 1 Ngablak Kabupaten Magelang adalah salah satu sekolah menengah kejuruan/vokasi berbasis bidang pertanian di Jawa Tengah. Jurusan yang menjadi ciri pertanian sekolah ini adalah Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).

Pada kegiatan pengoptimalan lahan pertanian sekolah, Program Kompetensi Keahlian ATPH berperan aktif sebagai pelaku utama. Langkah yang dilakukan adalah dengan membagu lahan menjadi beberapa blok pemeliharaan. Pada setiap blok memiliki penanggung jawab, komoditas yang berbeda dan pola tanam yang berbeda. Hal tersebut digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi seluruh peserta didik SMKN 1 Ngablak

Selain jurusan bidang pertanian, SMK Negeri 1 Ngablak juga membuka program keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran.

Latar belakang pendirian SMKN 1 Ngablak karena kebutuhan sekolah di kecamatan Ngablak yang masih kurang dibandingkan dengan Kota Magelang. Semula yang akan dibangun adalah sebuah SMU, tetapi melihat angka siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi masih kecil, maka Bupati Magelang memutuskan untuk mendirikan sebuah SMK Pertanian.

Awal penerimaan siswa baru dilakukan berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan No. 4221/2071/35/2002 tanggal 14 Agustus 2002 dibentuk Panitia Penerimaan Siswa Baru. Kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Dinas Pendidikan & Kebudayaan No. 1884/2223/35/2003 tanggal 31 Agustus 2003 dan diperkuat dengan keputusan Bupati Magelang No. 24 Tahun 2003 tentang Pendirian SMK Negeri 1 Ngablak, Kabupaten Magelang.

Pembangunan fisik dimulai sejak tahun 2001 dengan anggaran APBD II untuk pengadaan tanah sekitar 2 ha. Tahun anggaran 2002 membangun 3 (tiga) ruang kelas, ruang Kepala Sekolah, ruang TU, ruang Guru, ruang rapat dan pemasangan listrik.

Tahun anggaran 2003 dilanjutkan pembangunan fisik berupa 3 (tiga) ruang kelas, laboratorium pengolahan pakan ternak, ruang penetasan dan ruang instruktur. Selain juga dibangun Laboratorium Kultur jaringan, Green House, laboratorium Kimia, laboratorium Pasca Panen, Kandang Unggas, Pengadaan Mesin-mesin, alat-alat laboratorium Kultur Jaringan, Perabot dan Peralatan Kantor.

Pada hari Jumat tanggal 27 Desember 2003 bangunan sekolah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Magelang Drs. H. Hasyim Affandi.

Jurusan Program Keahlian di SMKN 1 Ngablak

  • Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
  • Bisnis Daring dan Pemasaran

Alamat:
Jl. Raya Magelang – Kopeng Km 26, Bandungrejo,
Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang
Jawa Tengah 56194

Telp:
(0298) 3434894

Email:
admin@smkn1ngablak.sch.id

Website:
smkn1ngablak.sch.id



banner azimat.id

Tampilkan sekolahmu di sini

Dengan menampilkan sekolahmu di sini maka akan dikenal oleh pembaca dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Dengan dikenal, maka peluang bagi siswa dan alumni untuk mendapat banyak teman dan pekerjaan akan semakin terbuka

Kalau sudah menjadi member, posting sendiri profil sekolahmu, atau kirimkan datanya ke: taninews.com@gmail.com, kami akan menampilkannya

Dafar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profile

foto user
Admin Satu
 Penulis   Karawang

Ini adalah administrator satu. Bertanggungjawab menangani pengaturan website seperti mengunggah artikel, memperbaiki tampilan, menambah fungsi, mengubah role anggota, dll.

Lihat Profil

Most viewed


Sekolah yang lain

 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Pakis Aji, Kabupaten Jepara

  12/12/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur

  1/08/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri 1 Wirosari, Grobogan

  13/12/2022 
 Admin Satu  Penulis   Karawang
SMK Negeri Basidondo, Tolitoli

  29/07/2022